Lifestyle, Hobi, and Story

Agar tetap Irit Saat Ngabuburit

Monday, May 6, 2019
ngabuburit

Assalamu'alaikum semuanya, sebulan lebih tidak ngeblog saya rindu berat ingin cerita - cerita lagi. Waktu cepet banget berlalu ya, tak terasa Ramadhan sudah di depan mata. 

Bicara tentang Ramadhan hal apa sih yang paling kalian ingat? Kegiatan apa saja sih yang bikin rindu dengan bulan penuh barokah ini?

Selain kegiatan ibadah seperti puasa, taraweh, tadarus, sahur dan berbuka puasa kegiatan yang identik dengan bulan Ramadhan adalah ngabuburit. sudah semacam tradisi unik yang banyak dilakukan banyak kalangan. Baik di Kota ataupun di Desa. Sejauh yang saya tahu ngabuburit  adalah semacam kegiatan jalan - jalan sore sambil menunggu waktu berbuka, bener gitu gak sih? Mohon revisi jika salah ya temans.

Saat ngabuburit sering gunakan untuk hunting jajanan atau aneka makanan lain yang biasanya banyak dijual saat ramadhan semacam kolak, es buah, bubur sum - sum, atau lauk pauk juga banyak. Jangan kuatir kehabisan makanan saat bulan Ramadhan, sebab di bulan suci ini banyak sekali pedagang makanan dadakan. Bener - bener bulan penuh berkah, roda ekonomi berputar kian cepat dibulan ini.

Tak heran jika banyak ibu - ibu mengeluh uang belanjanya jadi kebobolan saat bulan Ramadhan, padahal seharusnya dibulan suci ini kita bisa lebih banyak menabung seandainya kita bisa mengendalikan diri. Bukankah fungsi dari berpuasa salah satunya adalah pengendalian diri?

Saya juga pernah ngalamin meskipun akhirnya saya sadar, impulsif membeli makanan berbuka melebihi kebutuhan merupakan tindakan pemborosan, apalagi jika makanan yang dibeli akhirnya menjadi mubadzir karena tidak sempat dimakan. Pada paham kan kalu yang suka melakukan tindakan mubadzir itu temen siapa? thats right, yang suka mubadzir itu temennya syetan, Naudzubillah.

Ini dia tips sederhana supaya ngabuburit asyik tapi tetep irit :
1. Mengukur kebutuhan dan tentukan budget
Tak hanya mengukur kebutuhan diri sendiri juga kebutuhan keluarga dirumah dan berbelanjalah seperlunya dengan uang pas yang dibawa. Pilihlah satu jenis makanan untuk satu jenis rasa, misalnya : beli menu yang rasanya manis satu jenis dan beli yang rasa asin satu jenis. Atau kalau memang sudah terlanjur banyak keinginan boleh beli lebih tapi belilah dalam porsi kecil asalkan masin on budget.

2. Jika memungkinkan persiapkan menu berbuka sebelum pergi Ngabuburit
Dengan begitu kita akan tahu dan bisa menentukan menu apa yang sekiranya harus dibeli untuk tambahan. 

3. Pilihlah lokasi yang seminimal mungkin orang berjualan
ini mungkin gak sih? meski nyaris gak mungkin tapi bisalah diusahakan misalnya ke karena biasanya akan banyak orang berjualan makanan di sepanjang jalan dan memang se-ramai itu, penuh dengan wajah - wajah lapar yang impulsif belanja menu berbuka.

Saya sendiri belum nemu tempat kece yang bisa buat cuci mata atau sekedar menghirup udara segar tanpa perlu melihat aneka gorengan, kolak, bahkan pecel sayuran yang melambai - lambai minta dibawa pulang. Padahal di rumah sudah ada menu berbuka yang bahkan belum tentu habis juga.

Bagaimanapun, tradisi ngabuburit saat Ramadhan menjadi suatu hal yang dirindukan. Dan tak ada salahnya untuk dilestarikan. 

#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9