Lifestyle, Hobi, and Story

Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Thursday, May 16, 2019
Assalamu'alaikum,

Tak lengkap rasanya saat lebaran tanpa menu special yaitu ketupat dengan kuah opor ayam dan taburan bawang goreng. Meski ada begitu banyak pilihan menu makanan lainnya juga aneka kue kering, tapi keberadaan ketupat seperti tidak tergantikan.

Bertahun lalu saat saya masih kecil, kegiatan paling berkesan di malam takbiran selain berkunjung ke masjid untuk membayar zakat berupa beras, takbir yang saling bersahutan dan anak - anak yang berlomba memainkan kembang api atau petasan cabe adalah menunggu matangnya ketupat. Masih pakai kompor minyak yang pastinya butuh waktu ber jam - jam untuk membuat beras yang dibungkus daun itu matang sempurna.

Tapi sekarang, membuat ketupat tidaklah serumit itu. Tak perlu menunggu berjam - jam diatas kompor minyak karena sekarang sudah ada gas elpiji dan tentunya panci presto bertekanan tinggi yang membuat memasak apapun jadi cepat matang. 

Seperti apa sih caranya, oh tentu saja saya sendiri belum pernah memasak ketupat gaes, cuma sekedar bantuin mama di dapur. Karena itulah saat ini saya akan coba menyimpan resep cara memasak ketupat dengan panci presto sebagai bahan referensi saya sendiri, dan mungkin juga pembaca yang belum mengetahuinya.

Memasak Ketupat Dengan Panci Presto 

Bahan :
  • Beras
  • Janur ketupat
  • Air
Cara Pembuatan :
  1. Cuci bersih beras yang akan digunakan, tiriskan
  2. Isi Janur ketupat dengan beras kira - kira sebanyak setengah sapai tiga perempat bagian, tergantung pulen atau tidaknya beras. Kemudian ikat.
  3. Masukkan janur ketupat yang telah terisi beras ke dalam panci presto, tambahkan air dan pastikan semua bagian janur ketupat terendam sempurna.
  4. Tutup panci presto kemudian masak dengan api besar.
  5. setelah 10 - 15 menit atau sampai terdengar bunyi, kecilkan api dan lanjutkan memasak sampai 30 menit.
  6. Matikan kompor dan tunggu hingga suhu panci presto turun sebelum dibuka.
  7. Angkat ketupat yang telah matang dan tiriskan. 
  8. Ketupat siap disajikan bersama hidangan pelengkapnya.
Ternyata mudah dan cepat sekali ya gaes. Kurang dari satu jam kita sudah bisa menyiapkan ketupat untuk menu hari raya. Selamat mencoba...

Wassalam,

pertiwiutomo

#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN Hari Ke -11

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9