Delima Merah by pertiwiutomo.com

Lifestyle, Hobi, and Story

Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Thursday, May 16, 2019
Assalamu'alaikum,

Tak lengkap rasanya saat lebaran tanpa menu special yaitu ketupat dengan kuah opor ayam dan taburan bawang goreng. Meski ada begitu banyak pilihan menu makanan lainnya juga aneka kue kering, tapi keberadaan ketupat seperti tidak tergantikan.

Bertahun lalu saat saya masih kecil, kegiatan paling berkesan di malam takbiran selain berkunjung ke masjid untuk membayar zakat berupa beras, takbir yang saling bersahutan dan anak - anak yang berlomba memainkan kembang api atau petasan cabe adalah menunggu matangnya ketupat. Masih pakai kompor minyak yang pastinya butuh waktu ber jam - jam untuk membuat beras yang dibungkus daun itu matang sempurna.

Tapi sekarang, membuat ketupat tidaklah serumit itu. Tak perlu menunggu berjam - jam diatas kompor minyak karena sekarang sudah ada gas elpiji dan tentunya panci presto bertekanan tinggi yang membuat memasak apapun jadi cepat matang. 

Seperti apa sih caranya, oh tentu saja saya sendiri belum pernah memasak ketupat gaes, cuma sekedar bantuin mama di dapur. Karena itulah saat ini saya akan coba menyimpan resep cara memasak ketupat dengan panci presto sebagai bahan referensi saya sendiri, dan mungkin juga pembaca yang belum mengetahuinya.

Memasak Ketupat Dengan Panci Presto 

Bahan :
  • Beras
  • Janur ketupat
  • Air
Cara Pembuatan :
  1. Cuci bersih beras yang akan digunakan, tiriskan
  2. Isi Janur ketupat dengan beras kira - kira sebanyak setengah sapai tiga perempat bagian, tergantung pulen atau tidaknya beras. Kemudian ikat.
  3. Masukkan janur ketupat yang telah terisi beras ke dalam panci presto, tambahkan air dan pastikan semua bagian janur ketupat terendam sempurna.
  4. Tutup panci presto kemudian masak dengan api besar.
  5. setelah 10 - 15 menit atau sampai terdengar bunyi, kecilkan api dan lanjutkan memasak sampai 30 menit.
  6. Matikan kompor dan tunggu hingga suhu panci presto turun sebelum dibuka.
  7. Angkat ketupat yang telah matang dan tiriskan. 
  8. Ketupat siap disajikan bersama hidangan pelengkapnya.
Ternyata mudah dan cepat sekali ya gaes. Kurang dari satu jam kita sudah bisa menyiapkan ketupat untuk menu hari raya. Selamat mencoba...

Wassalam,

pertiwiutomo

#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN Hari Ke -11

Sikat Gigi Saat Berpuasa

Tuesday, May 14, 2019
Assalamu'alaikum

Hari ke-9 bulan Ramadhan, Alhamdulillah ya masih lancar.

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang sikat gigi saat berpuasa, yuk kita refresh lagi hal apa saja kah yang mambatalkan puasa, yaitu :

1. Memasukkan sesuatu dengan sengaja ke dalam perut
2. Memasukkan sesuatu dengan sengaja ke lubang (yang berada dikepala)
3. Memasukkan obat lewat qubul atau dubur
4. Muntah dengan sengaja
5. Berhubungan badan di siang hari dengan
6.Keluarnya Mani dengan sengaja
7. Haid
8. Nifas
9. Gila
10. Murtad, karena orang murtad keluar dari kewajiban untuk beribadah.

( Sumber dari buku Fiqih Imam Syafii)

Yang kemudian jadi bahan pertanyaan adalah point yang kedua, " Memasukkan sesuatu kedalam dengan sengaja ke lubang (yang berada di kepala)" berkaitan dengan berwudhu yaitu berkumur dan beristinsyak (memasukkan air kedalam lubang hidung)

Dalam Buku Fiqh Puasa, Dr. Yusuf al-Qardlawi yang di alih bahasa oleh : Dr. Nabilah Lubis, MA

Ibnu Hazm ( Abu Muhammad bin Hazm), tidak menemukan di dalam dzahir nash - nash syar'i yang mendukung perluasan yang dianut segolongan ulama fiqh. Beliau mengungkapkan pendapatnya di dalam kitab al - mahali sebagai berikut :

Puasa itu tidak akan batal dengan sebab berbekam. mimpi, muntah tidak disengaja, makanan yang keluar dari tenggorokan yang tidak disengaja menelannya setelah sampai mulut, dan ia bisa membuagnya, darah yang keluar dari gigi atau perut, tidak disengaja untuk menelannya. suntikan, memasukan obat ke hidung, telinga, saluran kencing, istinsyak sampai melewati tenggorokan, berkumur - kumur sampai masuk air ke dalam tenggorokan tidak dengan sengaja, memakai sipat mata--sekalipun sampai tenggorokan dengan tidak disengaja, orang yang menengadahkan kepala kemudian air masuk ke tenggorokan tanpa disengaja, mengunyah permen karet, memakai siwak basah atau kering, mencicipi masakan tidak disengaja menelannya, pengobatan luka di dalam dan gegar otak dengan benda yang dimakan atau diminum, makanan yang didapat diantara gigi: yaitu siang hari, masuk kamar mandi, menyelam di dalam air, minyak rambut yang menyesap di kepala.

Abu Muhammad selanjutnya berkata : Didalam berpuasa Allah hanya melarang kita dari makan minum, bersetubuh, sengaja muntah dan melakukan berbagai maksiat. Dan kita tidak mengenal yang dinamakan makan minum itu belalui dubur, saluran kencing, telinga, mata, hidung, luka diperut atau di kepala. Kita tidak diharamkan memasukkannya kedalam tubuh selain makan dan minum."

Demikian kesepakatan para ulama, semoga dapat menjawab kebingungan kita terkait menyikat gigi di saat puasa. Wallahu'alam.

Wassalam,

pertiwiutomo


Lakukan Double Cleansing Untuk Mencegah Jerawat

Monday, May 13, 2019

Assalamu'alaikum,

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman - teman semua, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai pengalamanan saya mengatasi jerawat, lebih tepatnya curhat sih hehehe..

Buat orang yang kulitnya kombinasi cenderung berminyak dan sensitif seperti saya kehadiran jerawat bukanlah hal baru. Tapi tetap saja tiap kemunculannya selalu bikin galau. rasa - rasanya prsoalan jerawat ini layaknya mata pelajaran yang ujiannyatidak kunjung selesai. Karena, meski terkadang menghilang, akan mencul juga dikemudian hari.

Terlebih jerawat yang bandel yang meski akhirnya pergi tapi meninggalkan bekas yang cukup menganggu karena susah sekali dihilangkan. Bahkan terkadang sampai membuat permukaan kulit tidak semulus sebelumnya.

Beberapa penyebab munculnya jerawat adalah faktor hormonal, dan pori - pori  tersumbat  akibat lupa membersihkan wajah sebelum tidur. Beberapa orang juga kadang sensitif terhadap makanan tertentu seperti kacang, atau konsumsi aneka gorengan secara berlebihan, serta penggunaan produk kosmetik atau skincare yang tidak sesuai untuk kulit.

Alhamdulillah sih kalau pada kasus jerawat  yang sering saya alami bukan karena faktor makanan, tapi lebih sering karena faktor hormonal, misalnya menjelang menstruasi atau saat terlambat menstruasi. Dilema deh kalau sudah begini cuma bisa pasrah aja, karena ya mau apalagi, itu semua diluar kendali kita kann?

Hal lain yang suka tiba - tiba menimbulkan jerawat adalah pori - pori tersumbat akibat kelupaan membersihkan wajah, sebagai ciri orang yang (agak) malas. Jelas hal ini adalah mutlak kesalahan saya. Meski seharian dirumah, tiap nge-gojek pakai masker, kerja diruang ber-ac ( dulu gaes) tetap saja itu jerawat datang tanpa diundang.
 
Seperti yang pernah saya alami lebih dari setahun lalu, bisa dikatakan saya panen jerawat setelah sekian lama, aman dan damai tanpa jerawat. 

Usut - punya usut penyebabnya adalah proses pembersihan wajah yang tidak sempurna. karena saya salah memilih facial wash, dan itu cukup fatal sih akibatnya. Sejak saat itu saya buang jauh kemalasan saya membersihkan wajah. Dan bertekad untuk mejadikannya rutinitas harian yang sebisa mungkin tidak boleh di skip. 

Dengan cara melakukan double cleansing dengan rutin. Step pertama saya membersihkan wajah dengan cleansing oil yang saya racik sendiri dengan komposisi Castor oil 50%, Grapseed oile 30% dan Jojoba oil 20%.



Kenapa racik sendiri? apakah aman? 

Jawabannya karena saat itu saya terlalu bingung untuk mencoba prodek skincare yang aman, sangat sangat khawatir karena apa yang banyak di reoomendasikan orang lain belum tentu cocok di kulit kita, bisa jadi reaksi yang terjadi justru sebaliknya. Karena ya memang kondisi kulit tiap orang kan berbeda, maka dari itu kebutuhannya juga berbeda.

Step kedua, saya mencuci wajah seperti biasa menggunakan Wardah facial creamy foam yang teksturnya super lembut dikulit saya.

 
Pernah saya tulis juga tentang Wardah Facial Creamy Foam.

Dengan secara rutin melakukan double cleansing saya merasakan manfaatmya jerawat berangsur - angsur menghilang, tinggal Pe-eR terbesarnya adalah menghilangkan bekas jerawat yang lumayan bikin kezeeeeel!

Kalian gimana temanss? sudah putus hubungan sama jerawat?

Wassalam,

pertiwiutomo


Minyak Zaitun Untuk Membasmi Ketombe

Sunday, May 12, 2019

Punya rambut sehat, bersih bersinar adalah dambaan semua orang, baik pria maupun wanita. Sayangnya untuk mendapatkan rambut sehat itu kadangkala tidaklah mudah. Semakin bertambah usia masalah kesehatan rambut semakin bertambah. 

Masalah terbesar adalah kerontokan dan ketombe. Apalagi buat wanita yang berhijab, sudah kaya penguntit deh itu ketombe. Bikin gatel kulit kepala yang pastinya bikin gak nyaman kan?

Ketombe itu sebenarnya adalah semacam jamur, atau lemak - lemak keringat yang menumpuk di permukaan kulit yang lembab dan berkeringat bercampur dengan produksi minyak berlebih. Itu sih yang pernah saya baca. Normalnya cukup dengan keramas dan penggunaan conditioner di tambah vitamin rambu secara teratur setiap hari harusnya bersih dong ya, tapi gaes ternyata ketombe ini sebandel itu, kan kesel ya..

Gonta - ganti shampoo terkadang memperparah keadaan, alih - alih ketombe hilang malah nambahin derita rambut jadi kering kayak orang sakit. Itulah kenapa belakangan saya semakin males menyisir rambut. Menjadi cuek pun bukalah solusi yang baik, karena ketombe ini keberadaannya sering bikin gatal kulit kepala. 

Tapi semenjak saya pakai minyak zaitun sebelum keramas ketombe ngibrit entah kemana, belum bersih 100% karena masih sering muncul juga beberapa, hanya saja sudah jauh banget berkurang. Kulit kepala jadi terasa fresh dan nyaman banget tanpa gangguan ketombe.

Cara penggunaan minyak zaitun:
Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala beberapa jam sebelum keramas. Lakukan seminggu dua kali atau cukup satu kali saja dalam seminggu. Jika tidak ada minyak zaitun bisa di ganti dengan minyak kelapa, minyak kemiri juga bisa,

Efek sampingnya, selain ketombe hilang, rambut juga jadi lembut dan bercahaya yang pastinya kerontokan pun mulai berkurang. Karena kandungan Vitamin E yang bermanfaat sebagai anti oksidan dalam minyak zaitun.

beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut selain untuk membasmi ketombe antara lain :
  • Mempercepat pertumbuhan rambut
  • Menghilangkan kutu rambut
  • Mengatasi Rambut Kering dan bercabang
  • Dapat digunakan untuk bayi dan anak - anak
Mulai sekarang ucapkan selamat tinggal sama ketombe, Bye ketombe!


Wassalam,

pertiwi utomo

#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN








Cermat Saat Promo Belanja Online

Saturday, May 11, 2019
Assalamu'alaikum gaes, 

Kalau dulu saya dengan mudahnya menghindari yang namanya laper mata dan kapal belanja dengan  cara tidak perlu mendatangi mall meski sedang banyak diskon sekalipun. Kecuali memang ada sesuatu yang sedang dicari. Tapi sekarang, godaan belanja semakin gencar ya gak sih?

Buka Instagram isinya iklan, review ini itu yang kadang kala bikin kepengen. Tapi alhamdulillahnya saya masih bisa bertahan dan tidak mudah kena bujuk rayu kelucuan suatu produk, kecuali butuh. Tapi paling gatel rasanya kalau lihat promo online shop, dari mulai flash sale, cashback, diskon dan promo gratis ongkir. Dengan dalih, "mumpung diskon lho"

Haruskah saya unistall semua aplikasi belanja online ini? tapi masih butuh juga sih, buat cek harga, mencari referensi suatu barang, dan berbagai alasan pembenaran lainnya. Yang intinya adalah saya masih suka juga kok tergiur promo belanja online di marketplace.

Tapi, saya punya sedikit trik menghadapinya :

  • Jika memungkinkan install beberapa aplikasi belanja online yang terpercaya, gunanya adalah supaya bisa cek harga terbaik. Dan memilih promo dari marketplace mana yang paling menguntungkan.
  • Sesekali cek harga juga di pasar offline, supaya bisa melihat perbandingannya.
  • Pastikan cek review barang tersebut supaya tidak kecewa setelah membeli
Sejujurnya belakangan ini semenjak saya menjadi full IRT yang secara otomatis jarang keluar rumah apalagi sekedar ngemall kecuali saat belanja bulanan. Belanja online seperti jawaban atas segala kebutuhan. 

Terkadang saya sengaja menunda belanja demi menunggu moment promo di online shop, dan saat promo berlangsung juga sudah ada gambaran produk apa yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan supaya terhindar dari sikap pemborosan.

Masih, masih terus berjuang supaya bijak saat  berbelanja, baik langsung maupun secara online. Kecuali sudah jadi milyuner yang uangnya takkan habis tujuh turunan. 

Waspadalah! Waspadalah!


Wassalam,

pertiwiutomo

#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN

 

Resep : Cilok Bumbu Kacang

Friday, May 10, 2019


Cilok merupakan kependekan dari aci di colok. Makanan yang berbahan dasar tepun tapioca atau tepung kanji atau tepung aci yang di campur dengan terigu dengan saus bumbu kacang atau saus cabe ini konon katanya berasal dari daerah sunda.


Sebegitu akrab nya cilok ini di masyarakat, hingga tak heran jika disukai banyak kalangan dari mulai anak – anka hingga orang dewasa.  Bahkan sekarang  resep pembuatannya sudah banyak yang dimodifikasi. Ada cilok keju, cilok mercon, dan lainnya.

Begitupun saya, yang sudah mengenal cilok sejak di bangku sekolah dasar. Hingga kini cilok masih tetap jadi jajanan favorit selain somay dan mi ayam. Bahkan saya sering bikin cilok sendiri lho, tentu dengan resep sederhana ya temans.

Berikut ini akan saya bagikan resep pembuatan cilok sederhana yang biasa saya buat dirumah. Dijamin mudah dan anti gagal ya. Cekidot yuk..

Cilok Bumbu Kacang

Bahan :
  • 350 gram Tepung tapioca
  • 350 gram Tepung terigu
  • 2 helai Daun bawang , dicincang halus
  • 1 sdm Bubuk kaldu ayam
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Air secukupnya


Bumbu Halus cilok :
  • 3 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih


Bumbu Kacang untuk sajian :
  • Bumbu pecel instan cairkan dengan sedikit air (atau bisa diganti dengan kacang tanah yang di goreng, kemudian blender bersama cabai secukupnya)
  • Saus cabe
  • Kecap manis
  • Gula pasir
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • 6 siung Bawang mcilokerah, iris tipis
  • 3 siung Bawang putih, iris tipis
  • 1 sdm tepung tapioka, larutkan dengan sedikit air
  • 2 lembar daun jeruk


Cara Pembuatan  :
  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Campurkan tepung terigu, tepung tapioca, daun bawang, lada bubuk, garam, kaldu bubuk serta bumbu halus cilok dalam sebuah wadah besar.
  3. Tuang air mendidih sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa di bentuk
  4. Bentuk adonan manjadi bulat – bulat  sesuai selera
  5. Didihkan air dalam panci dan beri sedikit minyak goreng untuk merebus adonan cilok yang telah di bentuk
  6. Didihkan air dalam panci dan beri sedikit minyak goreng untuk merebus adonan cilok yang telah di bentuk
  7. Masukkan adonan cilok yang telah di bentuk tadi, tunggu hingga mengapung/matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
Cara Pembuatan bumbu kacang :
  1. Tumis duo bawang yaitu bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan bumbu pecel instan, aduk hingga tercampur, tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan Kecap, saus cabe, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan daun jeruk, kemudian koreksi rasa.
  4. Masukkan larutan tepung tapioka agar sambal bumbu kacang menjadi kental.
  5. Terakhir adalah masukkan semua bahan cilok yang telah ditiriskan tadi, aduk hingga terampur rata.
  6. Angkat dan siap disajikan.
Nah, selamat mencoba resep diatas ya, dijamin nagih untuk bikin sendiri. Daripada beli kan ya, apalagi kalau keluarga sedang kumpul dirumah, mantul banget.





Resep Sayur Asem Sederhana

Thursday, May 9, 2019
resep sayur asem

Sayur asem adalah salah satu menu favorit saya dan keluarga. Belum pernah bosen meski sangat sering di sajikan. Sejauh ini selalu berhasil meningkatkan nafsu makan jadi berkali - kali lipat. Apalagi kalau di sandingkan dengan ikan nila atau ikan asin yang digoreng kering, ditambah tempe goreng, sambel terasi dan minumnya teh anget.
Duh, bisa gagal diet kalau tiap hari nemu menu beginian. Menu sederhana, cara masaknya mudah, bahan - bahannya murah meriah dan bisa didapat di hampr setiap tukang sayur. Inilah alasn kenapa sayur asem selalu ada dalam menu belanja saya tiap minggu.

Berikut ini adalah resep sayur asem yang biasa saya buat :

Bahan :
1. Satu bungkus sayur asem komplit, potong - potong dan cici bersihkan.
2. Satu genggam penuh kacang tanah, rendam selama 30 menit
3. Satu ruas jari lengkuas, memarkan
4. satu lembar daun salam
5. lima buah cabe, potong jadi 2 bagian 
6. 5 - 10 butir bawang merah, iris tipis
7. 5 - 10 butir asam kandis, cuci bersih
8. 1 sdt terasi yang sudah dibakar atauu digoreng, larutkan dengan 3 sdm air hangat
9. 1 sdt garam 
10. 1/2 sdt gula pasir 
11. Penyedap rasa / kaldu jamur (optional)

Cara pembuatan :
1. Rebus air secukupnya, masukkan lengkuas yang sudah dimemarkan, kacang tanah yang sudah direndam, serta melinjo dan asem segar yang ada dalam paket komplit sayur asem. tunggu hinga mendidih dan asem segar lunak.
2. Angkat asem segar yang telah lunak, sisihkan dalam mangkok.
3. Masukkan Terasi yang sudah dilarutkan, dan asam kandis, tunggu kurang lebh 5 menit.
4. Setelah 5 menit masukan seluruh potongan sayur, irisan bawang merah dan cabe, serta daun salam tunggu hingga sayuran layu.
5. Tambahkan garam, dan gula pasir secukupnya. tunggu hingga sayuran matang seluruhnya.
6. Setelah yakin semua sayuran matang, matikan kompor dan sajikan untuk menu makan bersama keluarga.

Sesimpel itu aja sih cara saya masak sayur asem. Dengan satu bungkus paket komplit sayur asem seharga Rp 5000,- biasanya saya masak dengan  2 liter air atau lebih. Asam kandis saya gunakan karena saya suka sayur asem yang rasanya beneran asem gitu tapi biasanya asem segar yang ada dalam paketan sayur asemnya hanya sedikit. Jadi saya selalu stok asem kandis buat tambahan tiap saya masak sayur asem.

Asem Kandis biasanya saya beli di Superindo. Harganya cukup terjangkau lah ya, dan karena teksturnya kering jadi awet juga disimpan. Beda cerita saat nyimpen asam yang masih segar, jika tidak segera digunakan akan menjadi busuk.

Sama sekali gak ribet kan? selamat memasak untuk menu berbuka puasa.

Wassalam.



#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN