Delima Merah by pertiwiutomo.com

Lifestyle, Hobi, and Story

Perjuangan Melawan Tipes

Friday, December 20, 2019
Assalamu’alaikum sobi sobi semuanya,

Stay dirumah sebagai full time housewife ternyata tidak serta merta membuat saya bisa menjaga diri dari yang namanya sakit. Kalau dipikir – pikir ya apa sih sibuknya? apa sih stressnya hidup sebagai saya ini? ternyata yang namanya penyakit memang tidak pandang bulu, waktu dan tempat. Suka suka aja gitu mau nemplok di badan siapa. Hingga pada akhirnya pertengahan bulan ini saya ambruk juga.
pertiwiutomo.com
Jalan - jalan sebelum besoknya tepar tak berdaya

pertiwiutomo.com
Disaat perut gak nyaman tapi gak bisa nolak nge-chatim,. inilah definisi bandel.


Belakangan memang udah sering pegel – pegel gak jelas gitu. Tapi biasanya dipijet dikit ya udah enakan lagi badannya. Hingga pada suatu malam minggu yang mendung tipis – tipis, angin semilir sejuk sekali saya dan paksu hang out dong layaknya anak muda, beboncengan naik motor dengan perasaan yang happy banget karena udah lama nggak ngerasain lagi moment motoran jauh berdua. Sempet mampir juga ke tempat adik saya dan disana kita dengan bahagia menyantap ramyun aka mi rebus dua bungkus plus telor dengan minum air jeruk panas, duh nikmat.

Besok paginya ya saya baik – baik saya kok, tidak ada keluhan apa - apa. Tapi ternyata layaknya bom waktu, ini penyakit udah mulai numpuk dikit – dikit tinggal tunggu moment yang pas aja buat meledak. Sampai saat seminggu kemudian, tepat di malam minggu juga saya dan paksu jalan – jalan lagi cuma kali ini pakai mobil sih karena kayaknya badan udah kasih alarm gak enak gitu. Perut gak nyaman dan serba salah, makan salah gak makan makin salah ya khannn. Tapi masih bandel juga, masih sempet – sempetnya nge-chatime trus nyemil batagor pedes pula.

Maka rasakanlah saat malamnya saya sungguh tersiksa dan tak bisa tidur pulas karena sakit perut yang tidak bisa dianggap sepele lagi. Menjelang pagi dengan masih meringis menahan perih *ewwh* saya bangkit ke dapur dan bikin minuman dari jahe, kunyit dan madu. Sarapan segelas hangat ramuan sehat cukup bikin saya merasa sudah membaik. Siangnya bisa nyetrika masak buat makan siang dan lainnya.

Hingga beberapa hari selanjutnya sakit kepala, flu, hidung meler, perut yang melilit – lilit hadir silih berganti nyaris membuat saya kehilangan nafsu makan. Tapi masih merasa kuat untuk survive tanpa harus ke dokter yang ujung –ujungnya di resepin segambreng obat.  Cuma minum air madu dan sanmol kalo udah gak kuat pusingnya.

Sampai pada hari itu, saya yang sebenarnya tidak sedang baik – baik saja terpaksa melangkahkan kaki karena harus ikut ujian semesteran. Badan lemes tapi sama sekali tidak bisa masuk makanan, pusing tujuh keliling kayak ada gempa karena bumi seakan bergoyang – goyang. Well, saya bertahan hingga pukul empat sore, beneran sampai ujian hari itu selesai, walaupun entah hasilnya nanti seperti apa saya pasrahkan pada Allah, Lillahi Ta’ala.

Sebenernya masih punya agenda tambahan yaitu ikut suami kondangan, kemudian mampir untuk ketemuan juga sama adik karena memang sudah janjian. Tapi rasanya saya sudah give up ingin segera merebahkan diri dan istirahat. Akhirnya kami melipir dulu kerumah sakit, langsung menuju UGD. Disana saya di tensi 110/70 dan check suhu tubuh sekitar 38o/C dan dokter nyaranin untuk langsung check darah.

Setelah kurang lebih 30 menit akhirnya hasil check darah keluar dan menunjukkan kalau saya positif Tipes, Hah?!!!!.

Sekilas Tentang Tipes

Tipes atau disebut juga dengan demam tifoid menurut yang saya baca - baca merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Penyebaran bakteri ini biasanya melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi atau bisa juga melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi. Dan yang bikin ngeri adalah sebagian orang yang sembuh dari tipes atau demam tifoid ini bisa menyimpan bakteri ini dalam saluran ususnya, atau kantong empedunya hingga bertahun - tahun lamanya. Golongan orang ini disebut sebagai pembawa kronis kareni bisa menginfeksi atau menularkan orang lain meski tidak lagi memiliki tanda dan gejala tipes. Duh, kok segitunya ya...

Faktor Resiko Terkena Tipes
Tipes ( Demam Tifoid ) merupakan penyakit serius yang mengancam seluruh dunia terutama negara berkembang. Resiko terinfeksi jadi lebih tinggi jika :
Tinggal ataupun bepergian ke daerah dimana Tipes sering terjadi.
Bekerja sebagai ahli mikrobiologi yang bersentuhan dengan bakteri Salmonella typhi.
Kontak dengan orang yang sedang atau baru saja terinfeksi tipes.
Konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi kotoran yang mengandung bakteri Salmonella typhi.

Gejala umum yang dirasakan penderita tipes  
  • Demam yang meningkat setiap hari hingga mencapai 40,5 derajat celcius
  • Sakit kepala
  • Lemah dan lelah
  • Nyeri otot
  • Berkeringat
  • Batuk kering
  • Kehilangan nafsu makan dan menurunkan berat badan
  • Sakit perut
  • Diare atau sembelit
  • Ruam
  • Perut yang membengkak
Meskipun bukan penyakit keras atau berbahaya akan tetapi jangan anggap sepele si Tipes ini. Karena jika diabaikan tentu saja akan menyebabkan komplikasi yang membahayakan keselamatan penderitanya. Sudah cukup sering mendengar beberapa kasus kematian akibat Tipes yang terlambat penanganan. Jadi apabila sudah merasakan tanda-tanda dan gejala seperti di atas, tidak ada salahnya untuk segera ke konsultasikanlah dengan dokter. 


Saya pribadi sudah merasakan sendiri beberapa gejala tersebut yaitu demam, sakit kepala,lemah dan lelah yng tidak wajar, dan sakit perut. Tapi beruntungnya saat test darah kadar trombosit dan eritrosit dan Hemoglobin dalam darah saya masih lumayan bagus hingga dirasa tak perlu rawat inap. Dalam hati sebenarnya ingin dirawat inap saja karena bingung dan lemes begini siapa yang mau ngurusin dan makananpun belum bisa ada yang masuk. Sedangkan paksu besok udah masuk kerja. Apakah beliau perlu cuti untuk ngurusin saya? Hah.. rasanya tidak.
Kebayang bagaimana dulu beberapa orang teman, bahkan adik saya sendiri yang pada langganan kena tipes dengan kadar trombosit dan Hb yang sudah sangat drop. Gimana rasanya coba?

Akhirnya sore itu saya pulang dengan membawa resep obat lambung, antibiotik, dan obat demam. Resep untuk tiga hari saja dengan catatan bedrest alias istirahat total. Meskipun dengan embel – embel istirahat total tanpa melakukan aktivitas apapun saya yakin tidak ada satu orangpun yang ingin sakit. Ya gais, jadi orang sakit itu sama sekali gak enak.

Omefrazole diminum 2x sehari, Mucifat Sucralfate berupa sirup yang diminum 3x sehari. keduanya diminum sebelum makan sebagai obat lambung.

Cefixime Trihydrate, antibiotik yang harus dihabiskan, 2x sehari setelah makan.

Sanmol, obat demam dan pusing, diminum 3x sehari setelah makan.

Tulisan ini dibuat setelah satu minggu kemudian dan kondisi saya sudah cukup membaik (meski belum benar – benar membaik, karena setelah demam dan pusing hilang tiba - tiba saja batuk kering menyiksa, huftt) Beberapa hal yang saya lakukan kemarin adalah :

Paksakan diri untuk tetap makan
Meskipun makanannya bubur lagi dan bubur lagi, tidak mengapa supaya bisa segera sembuh. Pengalaman saya kemarin setelah minum obat lambung sebelum makan yang saya rasakan adalah lumayan nyaman dan gak mual lagi. Saat bedrest juga saya banyak liat video mukbang orang – orang yang bikin nafsu makan meningkat seketika. Jadi lumayan drama gak enak makan tidak berlangsung lama. Hindari dulu makanan yang berserat tinggi macam sayuran hijau seperti kangkung, bayam, pare, dan juga makanan pedas. Daging – dagingan juga menjadi salah satu yang harus dihindari sementara waktu. Jadi menu saya kemarin cuma bubur sama telor rebus. Mentoknya ya nasi lembek sama telor dadar. Buah – buahan juga cuma pisang aja. Dan, tetep ya minum obat dengan teratur sesuai anjuran dokter.

Banyak minum air 
Selama bedrest kemarin saya banyak minum air putih yang direbus. Awalnya karena saya selalu pengen minum air hangat. Lama – lama saya ganti semua bahkan air dinginpun harus air yang direbus. Tak bermaksud menyangka bahwa air minum kami sebelumnya tidak steril atau apa tapi saya hanya berusaha memaksimalkan apa yang bisa saya lakukan dari hal sekecil apapun.

Istirahatkan Badan Juga Pikiran
Badan memang di kasur, tapi pikiran keluyuran kesana kemari gak bisa diem. Ya seperti itulah saya, keseringan begitu. Tapi saat sudah ambruk begini saya buang jauh – jauh segala tetek bengek urusan. Masa bodo ujian minggu depan, suami yang lagi lembur terus, tanaman yang terbengkalai, rumah yang mendadak jadi gak keurus. Ku tak peduli yang penting tempat tidur masih nyaman dan banyak cemilan, ya roti, biksuit, buah pisang. Wallahu alam saja dengan segala urusan yang terbengakalai itu. Ku hanya ingin sembuh secepatnya.

Itulah sekelumit kisah saya saat menderita tipes. Sesuatu yang sebenernya tidak saya sangka karena ya merasa sudah cukup menjaga makan dan juga cukup istirahat. Tapi ternyata penyebaran penyakit lebih cepat disaat musim pancaroba saat ini yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

So, benar – benar harus jaga kondisi dan terapkan pola hidup sehat. Tidak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Atau meminum ramuan herbal semacam irisan jeruk lemon dengan air hangat, atau ramuan ultimat ala JSR yang terdiri dari irisan kunyit, irisan jahe, sereh, dan madu, bisa juga ditambah dengan irisan jeruk nipis atau lemon. Cukup nyaman diperut, bahan – bahannya mudah didapat, relative murah dan mudah juga cara pembuatannya. Alhamdulillah wa syukurilah, semoga kita semua senantiasa diberikan nikmat sehat. Aamiin.

Wassalam, 

pertiwiutomo

Pelayanan Angiografi Untuk Penyakit Jantung, Stroke, dan Pembuluh Darah di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur

Saturday, September 7, 2019


Kesehatan adalah sebuah karunia dari Allah SWT yang terkadang lupa kita syukuri. Kita sibuk mengejar banyak hal hingga terkadang lupa menjaga kesehatan diri sendiri. Padahal saat kesehatan itu telah hilang, maka sebanyak apapun harta yang kita miliki atau selezat apapun makanan yang tersedia takkan terasa nikmat lagi.

Konon katanya sehat itu mahal, tapi sadarkah kita bahwa saat kita sakit tentu biaya yang dikeluarkan untuk sembuh itu amat sangat mahal?. Apalagi jika sudah berkaitan dengan penyakit berat seperti Jantung, stroke dan pembuluh darah. Jadi marilah kita semua senantiasa menjaga kesehatan sebagai wujud rasa syukur pada Allah SWT yang telah memberikan kita kehidupan.

Sesuai dengan apa yang tertulis dalam judul arikel ini, saya akan berbagi informasi penting yang saya peroleh saya saat mengikuti health talk di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur pada tanggal 24 Agustus 2019. Dengan tema “Angiografi : Diagnostik & Terapi”. Untuk menjawab rasa penasaran kami RS Mitra Keluarga Bekasi Timur menyuguhkan tiga dokter sekaliagus yaitu dr. Faris Bassalamah,Sp.JP(K),FIHA,FAPSIC,FAsCC sebagai dokter spesialis jantung, dr. Fritz Sumantri Usman,SpS,FINS,FINA sebagai dokter spesialis saraf, dan dr. Danny Pratama,Sp.B(K)V  sebagai dokter spesialis bedah vaskuler.


Sebagai orang awam pembahasan seperti ini rasanya kok berat ya, iya beratnya sudah melebihi rindunya si Dilan. Tapi karena rasa penasaran yang tinggi sayapun rela melangkahkan kaki (dan naik bus juga sih maksudnya, kalau jalan kaki kapan sampenya gais) dari karawang ke Bekasi. 

Terkadang kita cenderung bersikap bodo amat kalau sudah berurusan dengan yang namanya pola hidup sehat. Makan sembarangan, merokok, malas olahraga, malas juga mencari tahu, pun sekalinya dinasehati malah ngeyel, terus pengennya sehat terus, bahagia terus, dan tajir melintir. (ini sih saya lagi ngomong depan cermin, ya kadang saya pun masih suka ngeyel).

"Si dia gaya hidup sehat pun akhirnya mati juga,"


Gemas gak sih? kalo ada orang bicara seperti itu. Memang benar yang namanya jodoh, rezeki, dan maut sudah ditakdirkan. Tugas manusia hanyalah berusaha hidup sebaik - baiknya. Bukannya lantas hidup seenaknya saja dan mendzolimi anggota badan dengan segala pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.


Salah satu peserta melakukan pengecekan gula darah gratis sebelum acara dimulai


Setelah diberi jeda waktu untuk ISHOMA, acara pun dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Diawali dengan pembacaan petunjuk keselamatan gedung, sambutan dari perwakilan manajemen dan profil RS Mitra Keluarga Bekasi Timur acara intipun dimulai.

dr. Danny, dr.Fritz, dan dr,Faris, sebagai pembicara serta  dr..Rachel sebagai moderator


Tentang Stroke oleh dr. Fritz Sumantri Usman,SpS,FINS,FINA

Stroke yang sering disebut juga dengan the silent killer merupakan penyakit berbahaya penyebab kematian dan kecacatan tertinggi di Indonesia setelah penyakit TBC (Tuberculosis). Jika dulu sebagian besar penderita stroke adalah orang – orang yang sudah berusia lanjut akan tetapi sekarang banyak pula di derita oleh kaum muda bahkan ada pula anak – anak. Tentu hal ini tidak terlepas dari gaya hidup dan pola makan yang buruk. (jadi, waspadalah!)

Faktor resiko stroke antara lain, usia, jenis kelamin, genetik, gaya hidup/pola makan, penyakit jantung coroner, diabetes militus, hipertensi, gagal jantung. Konon katanya menurut data statistik kebanyakan penderita stroke adalah laki - laki. Ehm, mungkin karena stress diomelin istri setiap hari ya gais, hehe kidding ya.

Penyakit stroke dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:
  1. Stroke Iskemik, yaitu stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri
  2. Stroke Hemoragik yaitu stroke yang disebakan oleh pecahnya pembuluh darah.
Melaksanakan prosedur neurointervencion dengan Celebral DSA (Digital Subtraction Angiography) merupakan tindakan paling tepat selain CT Scan (computed tomography scan) dan MRI Scan (Magnetic resonance imaging scan) untuk tujuan diagnostik. Karena dengan melakukan Celebral DSA tak hanya sebagai sarana diagnostik tapi sekaligus sebagai sarana therapeutic / terapi. Dengan diagnosis yang tepat maka tindakan terapi yang dilakukan juga akan lebih akurat dan tepat sasaran.

Therapeutic Procedures pada pasien stroke:
  • Trombolysis & Trombectomy, yang harus dilakukan pada secepat mungkin yaitu kurang dari 4,5 jam setelah terjadi serangan pada pasien atau biasa disebut dengan golden hour. Semakin cepat penanganan maka tingkat kesembuhan juga akan semakin besar. So, jangan tunda dengan berbagai alasan yang nantinya justru membahayakan pasien. 
  • Carotid/vertebral/ intracranial Abgioplasty and stent.
  • Arterial – venous malformation.
  • Coiling of aneurysm.
  • Tumour Embolization.
  • Carotid cavernosus fistula.

Penyakit Jantung, oleh dr. Faris Bassalamah,Sp.JP(K)

Jantung  merupakan organ dalam yang letaknya di tengah rongga dada sedikit kekiri. Fungsi utamanya adalah memompa darah yang kaya oksigen / zat makanan ke seluruh tubuh dan mengatur sirkulasi.

Penyakit jantung yaitu gangguan / penyakit yang mempengaruhi proses pemompaan darah & proses lain di jantung. Seperti, penyakit jantung coroner, penyakit jantung aritmia, penyakit katup jantung, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung kongesif (penyakit jantung hipertensi, penyakit jantung coroner kongestif, Penyakit Cardiomyopathy), dan penyakit Jantung Pericardium.

Tindakan diagnostic dapat dilakukan melalui:
  • Kateterisasi/catheterization : suatu  tindakan diagnostic minimal invasive berupa memasukkan tube kateter ke dalam arteri/vena kemudian didorong secara antegrade/retrograde dengan panduan flouroskopi menuju jantung.
  • Penyadapan Jantung kanan, antegrade melalui vena, pada kasus penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, emboli paru
  • Penyadapan jantung Kiri,retrograde melalui arteri, pada kasus penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, dan jantung coroner.

Terapi Intervensi Non Bedah
  • Kateterisasi dengan menggunakan kateter jantung untuk pemasangan ring pada kasus penyumbatan pembuluh darah di jantung.
  • Implantasi pacu jantung.
  • Implantasi kejut jantung.
  • Implantasi alat resinkronisasi jantung pada kasus penyakit jantung kongestif

Tentang Bedah Vaskuler, oleh dr. Danny Pratama,Sp.B(K)V

Definition of Vascular surgery: Is a specially that deals with the diagnosis and management of disorders of the arterial, venous and lymphatic system, exclusive of intracardiac and intracranial vessels.
Vascular surgeon: Is a vascular specialist who performs traditional open surgery and endovascularintervention and is competent to treat vascular disease with non interventional and non surgical  means. Capable to handle patient from diagnostic untul treatmentCompetency in surgery : Able to overcome the complications
Kasus – kasus bedah vascular:
  • Diabetic foot + peripheral artery disease
  • Varises
  • Acces for chemotherapy and nutrition
  • Acute limb ischemia
  • Abdominal aorta aneurysm
  • Deep vein thrombosis
  • Acces for hemodialysis “Vascular Acces your lifeline to hemodialysis"
Sampai sini apakah sudah mulai bingung? haha.. saya pun bingung tentang apa itu bedah vaskuler. Jadi menurut keterangan dr. Danny, prosedur bedah vaskuler sering dilakukan pada pasien yang terkena varises, dan luka pada pasien diabetes, akses untuk kemoterapi pada penderita kanker, juga akses himodialysis atau cuci darah pada penderita gagal ginjal. 

Bahkan karena saking seringnya menangani kasus bedah pada penyakit varises, dr. Danny sampai disebut dokter varises, haha.. Sabar ya Dok.



Wagelaseh, ini materi udah kaya lagi lari estafet, cepat, padat dan tanpa jeda. MasyaAllah, saya sampai bingung pada awalnya mau mulai nulis darimana. Tapi dari penjelasan yang diberikan oleh ke-tiga dokter specialis tadi dapat ditarik benang merah bahwa penyakit - penyakit di atas merujuk pada kelainan pembuluh darah. Karena darah merupakan bagian paling penting dalam tubuh, sebab membawa nutrisi ke sel – sel berbeda. Yang normalnya ya harus bebas hambatan macam jalan toll tanpa macet, supaya kinerja anggota tubuh bisa optimal.

Bagian dalam sistem peredaran darah antara lain, arteri, vena dan pembuluh darah kapiler.  Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lain dengan karakteristik berdinding tebal & berotot supaya tahan terhadap tekanan tinggi. Sedangkan vena adalah pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung dengan karateristik dinding yang tipis dan tidak berlapis otot. Di antara arteri dan vena, terdapat kapiler yang mengantarkan darah ke bagian tubuh lainnya seperti otak, paru – paru, hati, limfa, dsb.

Dan untuk mendiagnosis maupun terapi penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah ataupun sistem peredaran darah diperlukan intervensi dengan menggunakan metode angiografi.

Apakah yang dimaksud dengan Angiografi?

Angiografi adalah prosedur pemeriksaan pembuluh darah menggunakan zat kontras khusus dan memanfaatkan Rontgen. Hasil angiografi akan disebut normal apabila aliran darah berjalan normal dan tidak ada penyumbatan.
Angiografi diperlukan lakukan untuk memerikasa beberapa hal berikut :
  • Pendeteksi ada tidaknya gangguan pada pembuluh darah, seperti sobekan yang memengaruhi aliran darah, 
  • Mengevaluasi alirah darah jantung,terutama pada kondisi gagal jantung, dan nyeri dada yang tidak spesifik
  • Mencari tahu sumber pendarahan pada tubuh 
  • Mengetahui seberapa buruk ateroklerosis dala pembuluh darah jantung
  • Mempersiapkan operasi pembuluh darah pada kaki, dengan bedah vaskuler.
  • Memeriksakan kondisi tertentu seperti angina, penyumbatan pembuluh darah, ataupun emboli paru.
  • Mencermati jumlah, kondisi, dan lokasi arteri ginjal sebelum diadakan transplantasi ginjal.
  • Mendeteksi pola aliran darah pada tumor dan melihat berapa tumor yang tersebar dalam tubuh.
RS. Mitra Keluarga merupakan salah satu rumah sakit swasta terbesar di Indonesia yang cabangnya sudah tersebar di beberapa kota. Salah satunya adalah RS. Mitra Keluarga Bekasi Timur , berlokasi di Jl. Pengasinan - Rawa Semut, Margahayu, Bekasi Timur 17113, sekalian saya kasih Link Google Maps : https://goo.gl/maps/2PvdBxuDYWvaJLVw7 biar gak nyasar, haha.

RS Mitra Keluarga Bekasi Timur berkomitmen memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan jantung dengan menyediakan Pusat Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah Terpadu di Bekasi, yang terdiri dari Elektrokardiogram (ECG/EKG), Treadmill test, Laboratorium kateterisasi, Pacemaker, Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), UGD, Medical Check up, serta Rehabilitasi Medik. Didukung pula oleh para ahli medis, para medis, dan staff non medis yang profesional, berdedikasi tinggi serta ditunjang dengan peralatan kesehatan yang modern dan canggih.
Fasilitas Medis Lainnya
Ambulans
Apotek
Bank Darah
Fisioterapi
Hemodialisa
UGD
ICU
NICU
PICU
Radiologi
Rawat Inap
Ruang Bersalin
Ruang Isolasi
Ruang Operasi
Laboratorium
MRI
CT Scan
Fasilitas Umum
Bakery
Bank/ATM
Cafe/Resto/Kantin
Lift
Musholla/Masjid
Ruang Menyusui
Parkir mobil/motor
Parkir Gratis
Tempat Bermain Anak
Ruang Jenazah
Wifi
Fotocopy



Sebagai jawaban tantangan di era digital, RS.Mitra Keluarga Bekasi Timur juga kini membuka pelayanan untuk reservasi dokter spesialis via whatsapps. Ini lumayan membantu sih menurut saya, jadi hemat waktu dan juga pulsa. 

Hospital Tour Ke  Ruang Kateterisasi 

Saat mulai melintasi lorong - lorong rumah sakit jadi teringat dulu sering banget jenguk teman kantor yang anfal karena serangan jantung. Dan ketika ruang kateterisasi sudah di depan mata saya pun langsung keingetan dengan beliau. Entah sudah berapa ring terpasang di pembuluh darah jantungnya. Tapi beliau tetap semangat untuk sembuh. Alhamdulillah saat ini kondisi beliau baik dan bisa beraktifitas normal setiap hari dengan tetap jaga kondisi dan pola makan tentunya.

Ruangan yang penuh dengan monitor dan berbagai peralatan canggih ini biasanya di handle oleh 4 orang. Seorang dokter spesialis, seorang perawat untuk mendampingi dan membantu dokter, seorang lagi standby dengan monitor dan alat. Dan satu orang terakhir untuk mobilisasi segala keperluan alat dan lainnya. Kebayang suasana menegangkan saat ada pasien terbaring di sana. Penuh kecemasan dan kepasrahan.

Dan menurut keterangan Ibu Tuti sebagai staff perawat di ruang kateterisasi jantung, ereka selalu siaga 24 jam 7 hari seminggu dalam menangani kondisi pasien gawat darurat dalam kasus serangan jantung maupun stroke. sungguh bukan sebuah komitmen yang mudah.



Para blogger sedang mendengarkan penjelasan tentang proses kateterisasi. (pict by RS.Mitra Keluarga Bekasi Timur
Laboratorium Kateterisasi merupakan unit yang memberikan pelayanan terhadap pemeriksaan diagnostik (menentukan diagnosa) secara invasif pada kelainan jantung dan pembuluh darah. Dikatakan invasif oleh karena prosedur yang dilakukan untuk memerikasa jantung dengan memasukkan selang/kateter kecil melalui pembuluh darah.
Tindakan diagnostik invasif yang dapat dilakukan anara lain : Penyadapan jantung kanan dan kiri, angiografi valvuler, Angiografi Kongenital, Koronarografi, Arteriografi, venografi, Elektrofisiologi, ventrikulografi, dengan zat kontras dan flebografi.

Contoh ring

Berbagai kasus kelainan jantung dan pembuluh darah juga dapat diatasi tanpa memerlukan tindakan operasi . Tindakan ini dikenal dengan istilah intervensi non bedah antara lain : BMV(Baloon Mitral valvuloplasty) Transeptal, Primary Parcutaneus Transluminal Coronary angioplasty(Primary PTCA), Angioplasty Koroner (PTCA), Pulmonal Valvuloplasty, Ablasi, Temporary pacemaker, Permanent Pacemaker, CRT dan ICD.

Implantasi Pacemaker/ Pacu Jantung
Pacemaker adalah suatu alat medis yang ditanam didalam tubuh yang menggunakan impuls listrik yang dihantarkan oleh suatu elektroda untuk membuat jantung berkontraksi sehingga denyut jantung menjadi regular. 
Ada dus macam pacemaker/pacu jantung yang di perlihatkan pada kami, yaitu :
  • Temporary Pacemaker
  • Permanent Pacemaker
Pacemaker permanent yang di implan ke dalam tubuh pasien berahan kurang lebih 10 tahun


tujuan dari pemasangan pacemaker ini adalah membuat frekuensi denyut jantung menjadi normal, entah yang disebabkan jantung yang terlalu lambat maupun terjadi blok pada sistem hantaran irama jantung.



pemenang permainan kahoot sebelum acara usai. photo by mitrakeluarga bekasi timur

Yang harus kita semua pahami adalah segala macam teknologi canggih baik yang berupa alat, obat maupun teknik pengobatan merupakan sarana ikhtiar kita dan ilmu dari dokter hebat juga hanyalah kepanjangan tangan dari Allah yang maha penyembuh. Utamanya kita harus tetap berdoa meminta kesembuhan dan kesehatan kepada yang maha kuasa.

Saya berterima kasih pada RS mitra keluarga bekasi timur yang sudah menyelenggarakan acara keren seperti ini. saya juga memohon maaf apabila dari apa yang saya tulis sangat jauh dari sempurna. tentu saja karena keterbatasan ilmu saya. dan dengan senang hati apabila ada pembaca yang mungkin akan memberikan koreksi silakan coret coret kolom komentar atau  contact saya langsung melalui email atau media social pribadi saya yang tertera di bio.

Salam,

pertiwiutomo

Serunya Menjadi Bagian Dari Hiip Academy #1

Monday, August 19, 2019
Hai.. Hai.. Assalamu'alaikum..

Apapun yang kalian rasakan hari ini, jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur ya gais. InsyaAllah nikmat kita akan bertambah dan terus bertambah. Aamiin. Sekedar info ya gais, tulisan ini akan panjang tapi dijamin bermanfaat kok, hahay.

Di era yang serba digital ini, memunculkan beragam profesi yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan atau bahkan tidak kita cita - citakan, misalnya influencer, youtuber, editor video, dan lainnya. Menjadi content creator mengharuskan kita untuk terus mengupgrade pengetahuan, skill juga informasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Masih belum hilang dari ingatan serunya menjadi bagian dari Hiip Academy #1 minggu lalu dalam acara 01 Days Workshop Hiip Academy Tepatnya satu hari sebelum hari raya Iedul Adha tahun ini, yaitu hari sabtu tanggal 10 Agustus 2019. Sempet galau karena sebenernya suami ngajakin mudik. Tapi gimana dong udah terlanjur daftar dan penasaran banget ikut karena temanya seru, yaitu "HOW TO BUILD YOUR BLOG PROFESIONALLY". Kan saya juga ingin jadi blogger profesional gais. Alhamdulillah, paksu support tanpa banyak negosiasi, love banget deh sama doi.


hiip academy 01
photo by hiip academy


Bagi saya yang tidak berdomisili di Jakarta, bisa mengikuti event dimana saya bisa belajar dan bertemu dengan sesama blogger menjadi moment yang membahagiakan. Pagi itu setelah melewati puluhan kilometer dari arah Karawang menuju DKI jakarta akhirnya saya sampai juga di gedung CoHive 101 Kawasan Mega Kuningan di jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.01,Jaksel.

Beruntung karena lalu lintas hari ini cukup lancar sehingga tidak perlu mengalami drama kemacetan yang menyita waktu dan energi. Setelah bertanya pada Bapak Security gedung yang menyapa dengan ramahnya saya-pun sampai di lokasi acara dengan tepat waktu. Disambut dengan mba Putri di pintu untuk registrasi.


hiip academy 01
Registrsi ulang (photo by hiip academy)


Ruangan sudah separuh terisi saat itu, saya memilih duduk di barisan ketiga dari depan. Dan mulai berkenalan dengan  beberapa teman blogger lain. Sekitar pukul 10.00 WIB acarapun dibuka oleh mba Almazia sebagai perwakilan dari Hiip Indonesia.

Hiip Indonesia itu apa?


hiip academy 01
Mba Almazia sebagai perwakilan dari Hiip Indonesia (photo by hiip academy)


Jadi, Hiip Indonesia merupakan wajah baru dari BP Network kepunyaan Blogger Perempuan Network yang telah menjadi bagian dari PT Hiip Asia. PT Hiip Asia sendiri merupakan platform influencer marketing terkemuka yang ada di Asia Tenggara. Platform inilah yang akan menjembatani para agency maupun pihak lain yang ingin menggunakan jasa para influencer. Hal ini cukup menguntungkan untuk kedua belah pihak, karena dengan adanya platform seperti ini maka influencer tak perlu lagi susah payah mencari job dari agency. Cukup dengan terus memperbaiki insight blog maupun media sosial yang dimilikinya. Dengan cara terus membuat konten yang menarik. Maka secara otomatis besar kemungkinan akan dilirik oleh para agency. Keuntungan untuk agency atau brand tentu saja bisa mendapatkan jasa influencer profesional sesuai target yang diinginkan.

Sedangkan HIPP ACADEMY tidak lain merupakan bentuk komitmen dari Hiip Indonesia dalam mewujudkan visi misinya. HIIP ACADEMY merupakan program yang dibentuk sebagai sarana edukasi bagi para blogger maupun content creator untuk mengupgrade skill dan ilmu, yang kedepannya akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena semakin kita belajar maka kita akan semakin butuh dengan ilmu pengetahuan. Demikianlah saya adanya disini dalam keseruan Hiip Academy #1.


Sesi pertama: Oleh Ariev Rahman, "How to Create an Engaging Blog"


hiip academy 01
Ariev Rahman, seorang travel blogger yang menjadi pembicara pertama (photo by hiip academy)

Setelah sedikit tercerahkan tentang Hiip Indonesia dari mba Almazia, tiba saaatnya sesi pertama oleh mas Ariev Rahman, author daro backpackstory.com yang telah malang melintang menjadi Travel Blogger sejak tahun 2012. Amazing sekali dengan cerita dan pengalaman mas Ariev. Mengajarkan kita untuk selalu totalitas dalam setiap karya. Jangan setengah - setengah saat memutuskan untuk maju.

Beberapa orang beranggapan bahwa:

  • Tidak butuh waktu lama untuk menjadi travel blogger.
  • Travel  Blogger adalah pekerjaan mudah dan menyenangkan.
  • Menjadi seorang travel blogger adalah pekerjaan yang enak, karena sering traveling gratis.
  • Travel Bogger pasti duitnya banyak.
  • Semua orang bisa menjadi travel blogger.
Menurut mas Ariev anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah, pun tidak seratus persen benar juga. Kareana seorang travel blogger adalah seorang travel blogger adalah merupakan kombinas dari seorang traveller, writer, blogger, editor, bahkan photografer dalam satu waktu. Butuh effort untuk melakukan itu semua. Dan lagi semua itu berproses tidak serta merta datang begitu saja. Apakah mau terus berusaha  atau menyerah itu kembali kepada pribadi masing - masing.

4 langkah membuat konten pada travel blog ala Backpackerstory.com yaitu:
  1. Travel what else
  2. Find the Idea
  3. Select some good photo
  4. write then develop
Yang tak kalah penting ujar mas Ariev adalah Konten dan Konsisten alias 2KON,yaitu Konten dan Konsisten. Seperti kita ketahui bersama bahwa Content is a king. Buatlah konten semenarik mungkin yang setidaknya bisa memenuhi keinginan pembaca. Konten yang informatif biasanya banyak diminati namun jika tidak informatif kita bisa juga membuat konten yang menghibur. Tapi semua itu takkan berhasil dengan maksimal apabila tidak dilakukan secara konsisten.


Kita tidak pernah tahu kemana tulisan akan membawa kita. -Ariev Rahman

Sesi kedua : Oleh Sitta Karina, "Cara Profesional Monetisasi Blog"

Selepas break untuk ISOMA, kamipun bersiap mendengarkan dengan seksama apa yang akan disampaikan oleh mba Sitta Karina, seorang penulis cerita juga blogger profesional yang bekerja sama dengan banyak brand, tentang cara profesional untuk Monetisasi Blog.



hiip academy 01
Sitta Karina, seorang blogger dan penulis buku berbagi pengalaman monetisasi blog (photo by hiip academy)


Menurut mba Sita, sebelum kita memonetisasi blog alangkah baiknya untuk memastikan lagi bahwa blog milik kita sudah berkualitas. menurut mba Sita, blog yang berkualitas setidaknya memenuhi beberapa syarat berikut :
  1. Identifikasi sasaran pembaca, dengan cara melihat demografi pada google analityc
  2. Kategori (Niche) Blog jelas.
  3. Konten yang menarik dan bermanfaat
  4. Navigasi blog efektif
  5. Desain Mobile responsive
  6. Tata letak nyaman untuk dibaca
  7. Konten rajin diperbaharui
  8. Sentuhan personal dari penulis.
Apakah blog kita sudah memenuhi syarat - syarat seperti di atas? jika belum mari segera perbaiki lagi. Memantaskan diri supaya kita bisa meluncur ke persiapan monetisasi blog. Ragam minetisasi blog yang bisa kita pilih antara lain, sponsored post, banner Ads, rogram afiliasi,jaringan iklan, menjual produk dan jasa milik pribadi penulis. Waw, menarik sekali ya gais,

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk monetisasi blog?
  1. Memiliki Blog pribadi
  2. Blog terdapat di google search console
  3. Kuasai Story telling
  4. Rajin Ngeblog
  5. Jadikan Blog sebuah komunitas interaksi
  6. Rajin bermedia sosial
  7. konsisten pada kategori blog
  8. Trafik terus tumbuh
Hal paling umum terjadi bagi blogger pemula yang mungkin jam terbangnya belum lama serta belum banyak menerima job dari agency ataupun brand adalah kesulitan menentukan Rate Card. Hal ini pernah saya alami saat tiba - tiba menerima email dari agency yang menawarkan kerja sama dan menanyakan rate card kepada saya. Alih - alih fast respon, saya justru kebingungan harus menjawab apa.

Secara singkat rate card merupakan kata lain dari daftar harga dan portofolio yang dimiliki oleh seorang blogger. Pada kesempatan kali ini mba Sita juga kasih bocoran komponen penting saat membuat rate card. yaitu:
  1. Rincian Pekerjaan & Daftar harga
  2. Profil Blogger
  3. Informasi singkat seputar blog dan akun media sosial
  4. Portofolio pekerjaan
Dalam membuat rate card memang belum ada standartnya kecuali kita bisa menghitung sendiri berapa harga yang pantas kita dapatkan sesuai dengan effort yang harus kita keluarkan untuk membuat suatu konten.
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat menentukan rate card, yaitu:
  • Bersifat subjektif
  • Ukur tingkat kesulitan
  • Perhatikan durasi pekerjaan
  • Kekuatan personal branding
  • Hitung ongkos produksi dan biaya pendukung kelancaran kerja
  • Gunakan patokan per 1000 views
  • Sertakan pajak
  • Pertimbangkan added value untuk klien
  • Prinsip win - win solution
Lebih lanjut mba sita menuturkan pentingnya manajemen media sosial, karena merupakan salah satu sumber traffic blog yang signifikan. Dengan rajin share artikel di media sosial maka kemungkinan meningkatkanya traffic blog lebih tinggi dibandingkan bila tidak pernah sharing di media sosial. Bisa jadi kita juga akan medapat pembaca setia dari follower media sosial. 

Rajin update konten positif, bangun percakapan dengan followers, dan menghindari konflik yang gak jelas menjadi cara yang tepat untuk mengelola media sosial. Ditambah lagi dengan mencantumkan bio singkat yang informatif dan menarik mungkin akan bisa lebih menarik.
Blogging Bukanlah Pekerjaan yang Instan. Terulah menulis. -Sitta Karina-
Luar biasa padat materi yang yang disampaikan, hingga saya yang awalnya sempat ngantuk karena kekenyangan jadi segar bugar penuh konsentrasi.  Saya rasa setiap yang hadir disana juga demikian terlihat dari bagimana antusiasnya mereka bertanya disetiap sesi.

Tak lupa Hiip Indonesa mengumumkan beberapa orang pemenang untuk kategori share media sosial saat berlangsungnya acara. Saya ikutan juga sih sebenernya tapi belum menang, haha. Padahal hadiahnya lumayan lho buat tambahan belanja. Selamat ya buat para pemenang.

hiip academy 01
Para pemenang lomba share acara di media social (photo by hiip academy)


Persiapan yang matang adalah bagian penting dari sebuah perjuangan. Jadi mari kita bersiap untuk maju dan terus menjadi lebih baik dari hari kemarin. Terima kasih Hiip Academy #1 untuk segala keseruan dan ilmunya. Semoga saya bisa ikut lagi pada kesempatan berikutnya.

Wassalam,

pertiwiutomo











Insto Dry Eyes Solusi Terbaik Sembuhkan Gejala Mata Kering

Wednesday, July 31, 2019
Assalamu'alaikum,

Menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga bagi saya pribadi cukup menyenangkan. Meski terkadang ya lelah juga sih, karena tidak ada habisnya dari pagi buta hingga malam.

Meskipun sangat menikmati kesibukan saya dirumah bukan berarti kejenuhan tidak pernah muncul. Rasanya itu sangat lumrah dialami setiap orang dalam profesi dibidang apapun. Selalu butuh yang namanya refreshing dan hiburan untuk bisa mengembalikan semangat lagi.

Dan menjalani hobi adalah cara saya menjaga kewarasan dan mengembalikan semangat menjalani rutinitas. Bisa dengan menulis, merajut atau membaca. Satu kegiatan lagi yang juga menjadi hiburan bagi saya adalah membuka media sosial. Dari mulai instagram, twitter, facebook, dan youtube. Kebayangkan gimana sibuk dan lelahnya? haha. Walau kadang dirasa cukup toxic juga kalau tidak bisa mengatur waktu dan porsi yang tepat. Tapi gimana dong, sulit juga untuk menghindarinya.

Belakangan, saya juga sedang suka menonton channel youtube yang bertema gaya hidup minimalis, room tour, tips berkebun, dan semacamnya. Biasanya mood langsung meningkat karena terinspirasi dan jadi tahu beberapa hal baru.

Tapi, efek dari semua itu adalah mata saya yang memang sudah begitu tergantung dengan kacamata jadi mudah lelah, ya pegel, ya sepet, terkadang terasa perih juga. Kalau sudah begitu saya jadi butuh banyak waktu sebagai jeda. Biasanya merem sebentar lepas kacamata dan dipijat ringan. Beberapa kali dikompres entah air dingin atau air hangat lumayan membantu sih. Tapi tetep gak bisa langsung konsen lagi karena bakalan pusing.


Sampai akhirnya suami beli Insto dry eyes dan minta saya mencobanya, karena keluhan yang saya alami ini ternyata ciri - ciri dari gejala mata kering gaes.

Kok bisa sih kena gejala mata kering?

Ini dia beberapa gejala mata kering yang perlu kita waspadai supaya kesehatan mata kita tetap terjaga :

Mata Sepet
Yang diakibatkan karena terlalu lama menatap Handphone atau membaca.
Mata Pegel
Yang diakibatkan karena terlalu lama menatap layar komputer, laptop ataupun televisi,
Mata Perih
Yang diakibatkan karena terlalu lama berada ditempat yang dingin atau berAC maupun ruangan outdoor yang terlalu panas dan terik.

Kita seringkali mengabaikan dan menganggap sepele gejala mata kering yaitu mata pegel, mata sepet dan mata perih. Padahal, di era digital seperti sekarang kemungkinan besar gejala tersebut sering kita alami karena banyaknya intensitas penggunaan gadget. Meskipun tidak hanya kegiatan yang berhubungan dengan gedget saja, segala kegiatan yang menuntut konsentrasi mata 

Seriusan kalau sudah mulai ngerasain mata pegel, mata sepet dan mata perih yang merupakan gejala dari mata kering pastinya sangat tidak nyaman dan berujung pada pekerjaan yang terbengkalai. 

Untungnya sekarang ada Insto Dry Eyes yang bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi keluhan mata kering.


insto dry eyes


Indikasi : Digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi pada mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid, arthritis,kerato-conjunctivitis, dan xerophthalmia), juga di gunakan sebagai pelumas pada mata palsu. 
Tiap mili larutan isotonik steril mengandung Hydroxypropyl methylcelluloce3,0 mg, Benzalkonium chloride 0,1 mg.
Pantas saja saat pertama kali pemakaian kok rasanya dingin semriwing gitu dimata. Sejuk dan nyaman banget setelahnya. Ternyata karena teksturnya yang menyerupai air mata. So, buat yang sering ngalamin gejala mata kering seperti mata pegel, mata sepet dan mata perih bisa langsung cobain Insto Dry Eyes dan ucapkan selamat tinggal pada mata kering. Bye Mata Kering!

Salam,

pertiwiutomo