Lifestyle, Hobi, and Story

Mencegah Bau Mulut

Wednesday, May 15, 2019
pict by Instagram Blogger Perempuan

Assalamu'alaikum

Apakah kalian adalah orang yang cukup sensitif terhadap aroma tak sedap? Mendadak tahan nafas atau bahkan pusing dan mual tiap ngobrol sama orang? 
Iya itu wajar kok. Fitrahnya manusia kan memang suka sama yang indah - indah, yang wangi - wangi, yang baik - baik semuanya.

Misal bagi teman - teman yang masih harus kerja, dan berkomunikasi dengan banyak orang rasanya kok ganggu banget ya ketemu manusia yang bau, dalam arti adalah bau tak sedap entah bau mulut entah bau badan. 

Tapi hal yang lebih menyakitkan dan bikin gondok adalah jika si sumber bau ini tidak menyadarinya. Bahkan cenderung tidak merasa mengganggu orang lain. Bingung kan? Kita yang kebau-an kita yang stress! 

Iya stress cari solusi buat negur tapi gak bikin  tersinggung. Karena jika dibiarkan berlarut - larut tentu saja akan mengganggu komunikasi. Kecuali, memang si sumber bau ini hanya orang yang kita temukan sepintas lalu, misal pengemudi ojek online, pedagang di pasar, supir angkot atau sesama penumpang. Bodo amat deh!

Apalagi di bulan puasa seperti sekarang, rentan banget kan sama bau mulut. Bahkan menjadi dua kali lebih besar kemungkinan terjadi mau mulut saat berpuasa. 
Meskipun bau mulutnya orang yang berpuasa  wangi laksana aroma surga, tapi harusnya tak lantas membuat kita membiarkan aroma tak sedap dari mulut kita mengganggu lawan bicara.

Maka, sebelum hal itu terjadi, ada baiknya sering - seringlah instrospeksi diri, bau-i diri sendiri dulu sebelum menilai orang lain. Siapa tahu justru kita yang jadi sumber bau itu. Amit - amit deh ya, jangan sampai hal itu terjadi sama kita.

Jadi solusinya adalah melakukan tindakan pencegahan bau mulut saat puasa dengan cara : 
Menyikat gigi minimal 2x sehari, tiap selesai santap sahur dan berbuka.
Hindari dulu makanan yang memicu bau tak sedap.
Berkumur

Berkumur maupun menyikat gigi saat berpuasa diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa, dengan catatan tidak dengan sengaja menelan airnya. Semua kembali pada diri kita, niat kita dan kejujuran kita.

Semoga lancar semua ya puasanya, Aamiin 

Wassalam,

pertiwiutomo

#bloggerperempuan #30HariKebaikanBPN




Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9