Lifestyle, Hobi, and Story

Tradisi Prepegan Masyarakat Brebes Jelang Lebaran

Thursday, May 30, 2019
pict by instagram Blogger Perempuan

Assalamu'alaikum,


Salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Brebes menjelang lebaran yaitu prepegan. Semacam pasar tumpah gitu lho gaes. Tak hanya di meriahkan oleh orang dewasa bahkan anak - anak tidak kalah antusias untuk memeriahkannya.

prepegan
Prepegan

Maka tak heran jika sehari menjelang lebaran lalu lintas tak hanya dipadati oleh pemudik yang lewat, tapi juga ora warga lokal yang pergi berbelanja ke pasar. Jadi mohon bersabar dan berhati - hati tiap melewati pasar tradisional serta pusat perbelanjaan lainnya.

Sejauh yang saya amati, kebanyakan dari mereka adalah membeli kebutuhan dapur semacam sayuran, buah, daging, serta aneka makanan yang akan di sajikan saat lebaran nanti. Sebagian besar produk di pasaran mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Dengan alasan lebaran semua seakan termaafkan dan masyarakat dengan berat hati terpaksa memakluminya.

Selain beberapa produk kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga ternyata selama prepegan  harga bunga rampai seperti melati, mawar, kenanga dan lainnya yang sering digunakan untuk nyekar ke makam juga mengalami kenaikan harga. Dimana harga perkilonya bisa menyamai harga daging sapi. Amazing sekali gaes!

Saat prepegan juga banyak penjual mainan anak - anak, bahkan saat saya kecil dulu saya sudah menabung jauh - jauh hari untuk membeli mainan dan kembang api saat prepegan. Tapi, entah ya kalau dengan anak - anak zaman now, apakah masih mau membali mainan traditional atau justru lebih memilih membeli quota internet untuk ber - sosial media dan main game.

Intinya adalah selalu siapkan budget lebih saat pergi prepegan untuk mengantisipasi kenaikan harga yang memang tidak bisa dihindari. *emak pusing*

Wassalam,

pertiwiutomo






1 comment on "Tradisi Prepegan Masyarakat Brebes Jelang Lebaran"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9