Lifestyle, Hobi, and Story

Sikat Gigi Saat Berpuasa

Tuesday, May 14, 2019
Assalamu'alaikum

Hari ke-9 bulan Ramadhan, Alhamdulillah ya masih lancar.

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang sikat gigi saat berpuasa, yuk kita refresh lagi hal apa saja kah yang mambatalkan puasa, yaitu :

1. Memasukkan sesuatu dengan sengaja ke dalam perut
2. Memasukkan sesuatu dengan sengaja ke lubang (yang berada dikepala)
3. Memasukkan obat lewat qubul atau dubur
4. Muntah dengan sengaja
5. Berhubungan badan di siang hari dengan
6.Keluarnya Mani dengan sengaja
7. Haid
8. Nifas
9. Gila
10. Murtad, karena orang murtad keluar dari kewajiban untuk beribadah.

( Sumber dari buku Fiqih Imam Syafii)

Yang kemudian jadi bahan pertanyaan adalah point yang kedua, " Memasukkan sesuatu kedalam dengan sengaja ke lubang (yang berada di kepala)" berkaitan dengan berwudhu yaitu berkumur dan beristinsyak (memasukkan air kedalam lubang hidung)

Dalam Buku Fiqh Puasa, Dr. Yusuf al-Qardlawi yang di alih bahasa oleh : Dr. Nabilah Lubis, MA

Ibnu Hazm ( Abu Muhammad bin Hazm), tidak menemukan di dalam dzahir nash - nash syar'i yang mendukung perluasan yang dianut segolongan ulama fiqh. Beliau mengungkapkan pendapatnya di dalam kitab al - mahali sebagai berikut :

Puasa itu tidak akan batal dengan sebab berbekam. mimpi, muntah tidak disengaja, makanan yang keluar dari tenggorokan yang tidak disengaja menelannya setelah sampai mulut, dan ia bisa membuagnya, darah yang keluar dari gigi atau perut, tidak disengaja untuk menelannya. suntikan, memasukan obat ke hidung, telinga, saluran kencing, istinsyak sampai melewati tenggorokan, berkumur - kumur sampai masuk air ke dalam tenggorokan tidak dengan sengaja, memakai sipat mata--sekalipun sampai tenggorokan dengan tidak disengaja, orang yang menengadahkan kepala kemudian air masuk ke tenggorokan tanpa disengaja, mengunyah permen karet, memakai siwak basah atau kering, mencicipi masakan tidak disengaja menelannya, pengobatan luka di dalam dan gegar otak dengan benda yang dimakan atau diminum, makanan yang didapat diantara gigi: yaitu siang hari, masuk kamar mandi, menyelam di dalam air, minyak rambut yang menyesap di kepala.

Abu Muhammad selanjutnya berkata : Didalam berpuasa Allah hanya melarang kita dari makan minum, bersetubuh, sengaja muntah dan melakukan berbagai maksiat. Dan kita tidak mengenal yang dinamakan makan minum itu belalui dubur, saluran kencing, telinga, mata, hidung, luka diperut atau di kepala. Kita tidak diharamkan memasukkannya kedalam tubuh selain makan dan minum."

Demikian kesepakatan para ulama, semoga dapat menjawab kebingungan kita terkait menyikat gigi di saat puasa. Wallahu'alam.

Wassalam,

pertiwiutomo


Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9