Lifestyle, Hobi, and Story

Menjadi Mompreneur

Tuesday, March 19, 2019
Assalamu'alaikum,

Dari sekian banyak hal yang ingin saya capai dalam hidup ini adalah menjadi mompreneur. Mompreneur itu apa sih? dari yang pernah saya baca di buku, mompreneur merupakan gabungan dari dua kata yaitu mommy (Ibu) dan entrepreneur(wiraswasta). Jadi, Mompreneur adalah istilah untuk ibu rumah tangga yang mengelola usaha sendiri.

Menjadi entrepreneur merupakan profesi yang sangat menarik dan menantang bagi sebagian orang yang menyukai situasi yang dinamis dan tantangan baru dalam bekerja. Bagaimana tidak, Menjadi mompreneur itu artinya memegang kendali pada diri sendiri, bagaimana kita mengelola suatu usaha. Butuh pengorbanan extra baik dari segi energi, pikiran, materi, kesabaran dan tentu saja waktu.

Ditambah lagi jika harus membagi waktu antara bisnis, urusan domestik rumah tangga dan anak juga tuntutan pasar yang diluar kendali. ketidakstabilan pendapatan dan berbagai hal lainnya. So complicated gengs.

Beda hal bagi para pecinta kestabilan kerja dan cinta kemapanan menjadi wiraswasta bukanlah  sesuatu yang menantang justru sebaliknya menjadi suatu hal yang mengancam.

Terlepas dari itu semua saya rasa hampir setiap orang menyukai kestabilan ekonomi dalam kehidupannya. Entah melalu cara bekerja pada orang lain atau dengan berwirausaha. Bahkan terkadang menjadi mompreneur bukan lagi pilihan atau keinginan melainkan sebuah tuntutan keadaan.

Misalnya dalam kasus single parent dimana ibu harus menafkahi anaknya sendirian, atau penghasilan suami yang pas - pasan. Meski ada pula yang menjadikan kegiatan usahanya sebagai sarana menyalurkan hobi, mengisi waktu luang, bahkan sebagai sarana aktualisasi diri untuk terus berkembang. Apapun alasannya saya sangat appreciate pada ibu - ibu hebat yang rela berjuang demi keluarga. Baik yang working mom, fulltime mom atau yang mompreneur. 

Bagi para moms yang masih bingung untuk memulai suatu bisnis rumahan, kalian tak sendirian moms. Hal itu wajar terjadi pada sebagian pebisnis pemula. Banyak referensi menyebutkan untuk memulai usaha kenali dulu minat atau bakat kita, bahasa kerennya passion. Yang kedua, pelajari pasar atau kebutuhan konsumen.

Dengan dua pertimbangan diatas biasanya kita sudah bisa mendapat gambaran atau bayangan usaha apa yang akan kita geluti. Setelah itu segeralah mulai, tentunya dengan segala persiapan dong. 

Beberapa Hal yang perlu dipersiapkan sebelum mompreneur memulai usahanya antara lain:

Persiapan Mental
Ini, penting karena saat menjalani bisnis, tentunya kita harus siap dengan segala resiko konsekuensi yang nantinya akan dihadapi

Persiapan Skill
Inilah kenapa dengan menjadi mompreneur maka secara tidak langsung dapat menjadi sarana mengupgrade diri. Skill tentunya disesuai kan dengan jenis bisnis yang akan digeluti. 
Contoh : Bisnis sebagai produsen Kue Kering, maka sebaikanya harus bisa membuat kue kering yang enak. 

Persiapan Modal
Modal dalam arti sesunggunya yaitu sejumlah dana awal yang digunakan sebagai dana operasional. 

Persiapan Tempat
Karena Mompreneur itukan kerjanya di rumah jadi ya tinggal dikondisikan saja ya mau seperti apa. Sesuai kebutuhan dari bisnis yang akan digeluti. Tapi alangkah baiknya membuat area khusus supaya kehidupan rumah tangga tetap terjaga privasinya.

Persiapan Waktu
Kuncinya adalah keseimbangan membagi waktu antara urusan bisnis, keluarga, pribadi dan sosial. Menjadi mompreneur arttinya harus lebih ketat  dan adil dalam mengatur waktu. Memang tidak mudah tapi dengan support sistem dan tekd yang kuat semua itu pasti bisa dijalani.

Persiapan Jaringan
Tidak akan ada bisnis yang sukses bila tanpa melibatkan jaringan sosial. Sebagai rekanan maupun target pasar. Maka dari itu sangat penting untuk terus memperluas dan memaintaince jaringan yang dimiliki. Apalagi di era digital seperti sekarang tentunya akan mempermudah mompreneur untuk memperkuat jaringan yang dimilikinya.
"Naik Panggung Tanpa Persiapan, Turun Panggung Dengan Kehinaan" (William Shakspeare)
Ragam Usaha Yang Bisa Jadi Pertimbangan Calon Mompreneur 
A. Bisnis kuliner

Membuka gerai makanan
Membuka warung makan
membuka bisnis catering
Membuka bisnis kue basah dan kue kering

B. Bisnis dibidang fashion

Membuka Rumah Jahit
Reseller pakaian mushlimah
menjual pakaian bayi
menjual produk Kecantikan
Menjual ragam aksesoris
Membuat aneka produk handmade

C. Bisnis Jasa

Salon 
Jasi Rias Pengantin / Wedding Organizer
Jasa pengetikan
Copy writer
Blogger / Content Writer
Youtuber / Vlogger

Dan menyenangkannya adalah saat ini sudah banyak perangkat digital yang bisa membantu untuk memulainya. yaitu dengan adanya sosial media seperti facebook,instagram, twitter yang bisa dijadikan sarana promosi. Ditambah dengan bermunculannya marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, shopee, dan Lazada yang dapat dijadikan toko virtual / online shop. Peluangnyapun lumayan besar untuk saat ini.

Tidak ada kesuksesan yang diraih dalam sekejap, karena sebagian besar orang mendapatkan kesuksesannya melalui proses dan kerja keras.

Salam,

pertiwi utomo
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9