Lifestyle, Hobi, and Story

Ramadhan Saat Masih Kecil

Wednesday, May 22, 2019
pict by instagram Blogger Perempuan

Assalamu'alaikum,


Ada banyak hal yang menyenangkan dan bikin kangen dengan suasana ramadhan masa kecil. Salah satu yang paling berkesan semasa sekolah dari SD sampai SMA adalah  dapat Buku Catatan  Ramadhan yang harus di isi  jadwal kegiatan selama ramadhan. Semacam jurnal kegiatan harian .


Penggunaan buku ramadhan ini cukup efektif buat saya sih,  karena jadi lebih teratur melaksanakan ibadah dan termotivasi buat ngelengkapin. Rasanya malu juga kalau isinya bolong - bolong, semacam ambisi bikin  buku itu penuh tandang contreng daripada tanda silang.


Jadi rajin shalat subuh, maghrib, isya dan taraweh selalu di mesjid. Hal ini sama sekali gak bisa memanipulasi, karena ada teman satu sekolah. So, kita saling mnegingatkan dan berlomba - lomba dalam kebaikan.


Rela terkantuk - kantuk dengerin ceramah saat ba'da subuh atau jeda sholat antara tarawih dan sholat sunnah witir. Demi supaya bisa nulis rangkumannya di buku catatan ramadhan. Dan kemudian minta tanda tangan imam sholat dan pemceramah.

Hal yang berkesan lainnya adalah saat ditetapkan libur sekolah selama bulan Ramadhan dan lebaran. Bahagia sekali rasanya bisa jalan - jalan pagi atau sepedaan setelah subuh. Hal yang jarang sekali dilakukan di hari lain selain di bulan suci Ramadhan.

Rindu banget masa itu, masa dimana yang perlu di pikirkan adalah bagaimana supaya bisa puasa sebulan penuh. Tanpa perlu mikirin mudik, THR bahkan membeli oleh - oleh. 


Wassalam,

pertiwiutomo
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9