Lifestyle, Hobi, and Story

Gathering Blogger Perempuan : Cerdas Mengelola Konten Blog ( Visual Blog)

Tuesday, March 5, 2019
blogger perempuan gathering

Setelah kita disuguhkan dengan uraian dasar dari mba Shintaries tentang pemilihan platform untuk ngeblog, sesi selanjutnya diisi oleh co founder Blogger Perempuan yaitu mba Almazia yang memberikan gambaran singkat bagaimana memilih template untuk tampilan blog.

Baca ini juga ya Gathering Blogger Perempuan : Cerdas Mengelola Blog (Mengenal Platform Blog)


blogger perempuan gathering


Sebagaimana kita tahu, penampilan blog itu tak kalah penting dari tulisan itu sendiri. Menarik atau tidak menarik sebenarnya reatif ya, karena selera dan penilaian visual orang kan beda  - beda. Ada yang suka warna - warna gonjreng super cerah. Ada yang suka warna - warna kalem, dan ada juga yang suka warna netral atau bahkan gelap.

Ada yang suka tampilan penuh gambar dan rame ada juga yang sederhana saja. sekali lagi tentang selera sebenarnya bebas. Tapi dalam hal tampilan blog yang sudah pasti tujuannya adalah agar tulisan atau konten yang sudah susah payah dibuat dapat dibaca orang lain tentunya harus mempertimbangan kenyamanan untuk pembaca.

Penampilan yang menarik itu seperti apa sih?


Menurut mba almazia sebagai blogger harus memastikan bahwa halaman blog milik kita nyaman dilihat juga nyaman saat membaca tulisan.

Berikut ini adalah bebera hal yang harus diperhatiakan agar halaman blog nyaman untuk di baca :

1. Easy to navigate 
Yaitu dengan menyediakan tombol menu bar/ navigation bar/ atau sering dikenal juga pilihan kategori sehingga akan memudahkan jika ada pembaca yang akan mencari artikel. 

Selain itu penting juga adanya search box sehingga akan memudahkan pembaca menemukan tulisan yang mereka inginkan hanya dengan mengetik keywords atau kata kunci.

Nah, ini bener banget sih menurut saya. tobol menu bar dalam sebuah blog itu ibarat daftar isi dalam sebuah buku dimana kita dapat melihat informasi mengenai isi secara gari besar dari mulai pendahuluan hingga penutup.

Atau seperti denah ruang dalam sebuah rumah saat kita bertamu, mana ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar tidur tamu, kamar tidur utama bahkan toilet. Ini akan membuat nyaman pengunjung karena dengan mudah bisa menemukan ruangan yang akan dituju. Akan membingungkan saat kita berkunjung menuju sebuah rumah yang pembagian ruangannya tidak jelas ( tentu saja hal itu sangat jarang terjadi).


Dengan adanya menu bar akan terlihat gambaran secara garis besar konten - konten apa yang ada dalam sebuah blog. 


2. Friendly - Easy to contact 
Dengan memberikan biodata singkat penulis di sidebar dan menyediakan halaman about me. Ini penting supaya pembaca bisa mengetahui siapa pemilik blog sehingga tercipta trust dalam diri pembaca terhadap penulis atau pemilik blog.

Semakin banyak pembaca yang percaya dan yakin pada penulis maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan pembaca yang loyal untuk membaca konten yang kita buat. Dan yang tak kalah penting adalah kemudahan untuk mendapatkan contact pemilik/penulis blog misalnya dengan menyediakan halaman CONTACT atau cukup dengan menyebutkan alamat email dan akun sosial media dengan jelas di halaman profil atau ABOUT. Supaya apabila ada pembaca yang ingin bertanya secara personal atau agensi yang berminat untuk kerja sama jadi lebih mudah untuk menghubungi.

Fatal banget kan kalau ada agensi yang tertarik bekerja sama tapi si pemilik blog ini susah dihubungi, akhirnya peluang rejeki melayang begitu saja.

3. Tampilan visual yang menarik Dan Nyaman
Tampilan visual yang menarik memang penting supaya pembaca bisa betah berlama - lama membaca tulisan kita, lebih dari pada itu adalah kenyamanan kita juga sebagai penulis pasti akan lebih semangat apabila tampilan blog eye catching. Yaitu dengan cara :

Pemilihan design template yang tepat 
Pilihlah design yang tidak hanya user friendly melainkan juga harus responsive. Maksudnya adalah  template tersebut mampu menyesuaikan tampilannya terhadap banyak ukuran layar, baik itu layar dekstop maupun layar smartphone.

Template yang digunakan juga sebaiknya memiliki kecepatan akses yang baik. tidak telalu lama loadingnya saat dibuka. Tentunya ini menjadi nilai plus bagi pembaca.
Padu padan warna yang menarik
Hidari penggunaan warna neon atau warna lain yang terlalu ngejreng dan dapat mengganggu pandangan. sebaiknya pilihlah warna - warna netral atau pastel yang cenderung kalem.

Ukuran huruf yang sesuai
Sebaiknya gunakan tipe huruf yang sederhana dan ukuran font yang pas, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Ukuran font yang terlalu kecil akan memaksa pembaca membaca dalam jarak terlalu dekat yang mengakibatkan mata menjadi mudah lelah.

Berikan ruang kosong
Mendesain template dengan menarik tidak lantas membuat seluruh layar tampilan harus terisi full oleh gadget dan tulisan. Akan tetapi berilah ruang kosong atau jarak yang cukup agar pembaca dapat mengistirahatkan mata sejenak. Ini penting supaya pembaca tidak cepat bosan bahkan lelah saat membaca.

Untuk medapatkan design template yang bagus tentunya akan mudah bagi seorang programmer atau siapapun yang paham membuat coding program. Tapi bagi yang masih awam tidak perlu kuatir karena sekarang sudah banyak jasa pembuatan template di online shop. 

pengalam saya pribadi adalah membeli template di Etsy berkat rekomendasi yang saya dapatkan saat blogwalking ke blog mba Almazia. Karena untuk Blogspot/Blogger pilihan template gratisnya kurang menarik bagi saya. *Haha*
Cari aja yang designernya orang indonesia kayak Vefio Theme. 

Apalagi buat pengguna platform wordpress yang katanya banyak template gratis yang sudah cukup bagus. sedangkan saya sendiri sejauh ini belum pernah mencoba menggunakan platform wordpress.




Demikianlah pencerahan mengenai visual blog yang harus banget kita pahami supaya halaman blog milik kita nyaman bagi para pembaca. Kalian sudah nyaman belum baca blog saya? kritik dan saran yang membangun boleh banget lho. Tingkyuuu gaesss!









12 comments on "Gathering Blogger Perempuan : Cerdas Mengelola Konten Blog ( Visual Blog)"
  1. Terimakasih tips-tips nya, saya masih pemula, jadi perlu banyak belajar lagi sebenranya. ohh, ya, kapan ya blogger perempuan ngadain acara di Pekanbaru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 belajar ya mba kita, coba colek mba shintaries atau mba almazia siapa tau ada rencana bikin acara dipekanbaru, tetep semangat ya mba

      Delete
  2. Semenjak gabung dengan BP Network, saya belum pernah ikutan gatheringnya. Event-event seperti ini bagus untuk menambah ilmu pengetahuan, terlebih bagi pemula seperti saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget, saya juga baru pertama kali ikutan kok..

      Delete
  3. Thank youuu tips-nya! Sebenernya agak common sense tp justru kita yang punya blog sering kali kelupaan soal hal-hal kyk gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, betul kadang kita terlalu fokus bikin konten atau sekalinya rapihin template malah kerame-an

      Delete
  4. Suka tipsnya mbak! Masih perlu banyak belajar nih saya :)

    ReplyDelete
  5. sayangnya tinggal di jember, jadi cuma bisa baca review temen2 blogger yg dateng ke acara seru ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada videonya juga mba di youtube channelnya blogger perempuan kalo gak salah

      Delete
  6. Gathering seperti ini seru ya, selain ngumpul bisa belajar ilmu baru juga. Tentang search box di sebuah blog itu bener banget, blog yang punya fitur ini mendapatkan nilai plus karena aku suka mencari artikel dengan tema tertentu. Atau misalkan ingin mencari artikel yang pernah dibaca tapi lupa judulnya, nah search box itu membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba awalnya juga gak terlalu memperhatikan keberadaan search box lho saya, ternyata penting juga

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9