Lifestyle, Hobi, and Story

Mengajarkan Anak Kecil Berpuasa

Sunday, May 26, 2019
pict by Instagram Blogger Perempuan


Assalamu'alaikum,

Berhubung belum punya anak kecil yang harus di ajarin untuk puasa, pun ponakan - ponakan jauh di kampung halaman. Jadi, saya coba mengingat kembali kenangan masa kecil saat belajar puasa.

Godaan paling besar saat belajar puasa dulu sih bangun untuk sahur, karena ngantuk. Tapi kalau gak sahur ya otomatis lemes dan bakalan gak kuat puasanya, namanya juga masih anak - anak. Jadi, yang perlu diperhatikan saat mengajarkan anak untuk  berpuasa yaitu dengan memastikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa cukup dan bergizi. 

Dengan menyiapkan menu kesukaan anak dan aneka makanan lain. Akan memuat anak semangat dan terjaga daya tahan tubuhnya. Tapi tetap harus diperhatikan ya, bukan berarti menjadi boros dan belebihan juga.

Selain itu yang tak kalah penting adalah dengan menciptakan suasana bulan puasa yang menyenangkan membuat anak semangat juga untuk ikutan. Yang pasti sih, anak kecil akan mencontoh apa - apa yang orang tuanya lakukan.

Karena memang benar mereka adalah peniru yang ulung. Jadi sebelum ngotot, dan memaksa anak untuk berpuasa, Bapak - Ibu haruslah membiasakan untuk berpuasa Ramadhan dengan sukacita dan penuh semangat pun dengan ibadah - ibadah lainnya.

Jadilah role model yang baik buat anak, supaya mereka punya sosok yang mejadi panutan. Keluarga merupakan circle utama dalam membentuk karakter, sikap serta kebiasaan - kebiasaan. Dan disini tentunya orang tua memiliki peran yang sangat besar untuk membentuknya. 

Berikan contoh dengan perilaku, merupakan cara paling efektif mengajarkan pada anak akan kewajiban puasa dan ibadah lainnya.

Wassalam,

Pertiwiutomo
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9