Lifestyle, Hobi, and Story

TUJUAN MEMPELAJARI SIRAH NABAWI

Monday, May 18, 2020

Assalamu'alaikum semuanya,

Beberapa waktu lalu saat saya dan beberapa ibu - ibu sedang bertolibul ilmi di beri beberapa pertanyaan tentang Rosululloh SAW. Pertanyaan cukup sederhana, Berapakah anak Rosululloh? dan sebutkan nama - namanya

Malu sekali  karena saya tidak bisa menjawab dengan benar. Sekilas bayangan ingatanpun tidak ada, seperti terhapus begitu saja dari memori. Yang paling melekat hanyalah Siti Fatimah, padahal Rosululloh memiliki 7 (tujuh) orang putra putri, yaitu : Alqosim, Zainab, Ruqoyyah, Ummu Kultsum, Ibrahim dan Siti Fatimah.

Untuk pertanyaan mendasar seperti ini saja saya tidak bisa jawab, sedangkan kalau ditanya nama - nama artis hapal diluar kepala. Seperti ada yang salah dalam diri ini. Kita bilang meyakini, mengimani, mencintai tapi tidak sebegitu kenal dan tau tentangnya. Aneh gak sih?

Itulah mengapa kita perlu belajar lagi Sirah Nabawi. Apa sih sirah nabawi?

Sirah Nabawi adalah Kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW sejak lahir hingga beliau wafat.

Tujuan belajar Sirah Nabawi adalah :

  • Untuk mengetahui gambaran Islam sesungguhnya, sekaligus gambaran syariat yang tergambar dalam kehidupan sehari - hari Rosululloh SAW.
  • Untuk mengetahui dan mengenal Rosululloh lebih dekat supaya kita bisa mencintai beliau, meneladani perilaku dan mengikuti jejak perjuangan beliau sebagai suri tauladan.
  • Untuk menambah keimanan dengan mengetahui bahwa Nabi Muhammad SAW seorang yang terpercaya, bahwa apa - apa yang dilakukannya bukanlah semata - mata kemauannya sendiri melainkan atas bimbingan wahyu  dari Allah SWT. Maka hati akan semakin yakin bahwa kita berada dalam kebenaran.

Yuk, kita baca lagi buku sirah nabawinya, supaya semakin dekat dan semakin mencintai Rosululloh. Jangan sampai kita mengidolakan dan lebih mengenal artis daripada Beliau. 

Wassalam,

pertiwi


Baca juga : Doa sebelum Ramadhan berakhir

Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-29 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9