Lifestyle, Hobi, and Story

PUASA RAMADHAN SAAT PANDEMI COVID-19 MELANDA NEGERI

Monday, May 4, 2020

Assalamu’alaikum


Ramadhan adalah bulan suci, bulan yang penuh berkah dan selalu dinantikan setiap umat mushlim yang beriman. Karena di dalamnya ada keistimewaan dan pahala yang tidak didapat pada bulan lainnya, tentu saja apabila kita beribadah dengan sungguh – sungguh.

Namun Ramadhan tahun ini terasa berbeda dari Ramadhan tahun sebelumnya. Bukan ibadahnya akan tetapi suasana yang menyelimutinya. Tidak ada keriuhan khas nuansa Ramadhan yang biasanya saya rasakan. Semua ini adalah demi memutus rantai penyebaran covid-19.

Kalau biasanya kita bisa sholat tarawih berjamaah di mushola atau masjid, sekarang kita sholat tarawih di rumah masing – masing karena ada himbauan yang boleh sholat tarawih hanya Bapak – bapak dan tentu saja membawa sajadah masing – masing dan tetap menggunakan masker, sedangkan ibu – ibu cukup di rumah saja. 

Pernah saat hari pertama Ramadhan mushola dekat rumah menggunakan pengeras suara tapi ternyata mendapat teguran dari satgas covid-19. Jadi kegiatan keagamaan di mushola dan masjid benar – benar dibatasi.

Dan untuk pertama kalinya dalam Ramadhan ini saya tidak ada kegiatan buka puasa bersama dengan siapapun kecuali dengan suami. Ya, bahkan untuk beli takjil saja jadi kurang selera, alhasil saya jadi harus rajin masak dan uji coba berbagai resep.

Tapi, untuk pertama kalinya saya bisa santap sahur dan berbuka bareng suami setiap hari karena efek WFH ( work from home) entah apa namanya bisa juga dikatakan dirumahkan sementara waktu. Meski tetap harus absen dan share location setiap hari. Mungkin untuk memastikan para pegawainya stay at home, tidak keluyuran kemana - mana apalagi mudik.

Meski sedang dikepung oleh covid-19 Ramadhan tetap bermakna, justru kali ini terasa lebih khusyu. Ada banyak hal yang bisa direnungkan. Manusia adalah makhluk yang lemah, jika tanpa pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Maka jangan sia – siakan kesempatan kita untuk beribadah di bulan suci ini. Belum tentu kita bisa berjumpa dengan Ramadhan lagi tahun depan.
Ya, karena jarak antara hidup dan mati ternyata sedekat itu.

wassalam,

pertiwi

baca juga : Lima tempat yang ingin didatangi saat pandemi berakhir

Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-15 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9