Lifestyle, Hobi, and Story

Pengalaman Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Sunday, May 31, 2020

 


Assalamu’alaikum semuanya..

Karena masih dalam suasana lebaran, saya mau ngucapin selamat hari raya Iedul Fitri mohon maaf lahir dan bathin semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini diterima Allah SWT dan kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Suasana lebaran yang tidak biasa, karena harus melewatinya tanpa seluruh anggota keluarga berkumpul, bersilaturahmi, berziarah ke makam orang – orang tersayang yang telah mendahului kita. Kayak bukan lebaran gak sih.. kadang masih sempet mikir gitu. Makanya pas malam takbiran saya sama sekali gak bisa tidur. Udah siapin koper dan bikin list apa saja yang harus dibawa saat mudik, siapa tahu kan di detik – detik terakhir suami akhirnya berubah pikiran dan membandel kemudian kita mudik diam - diam.


Baca juga : Dilema mudik ditengah pandemi


Tapi, pada kenyataannya sampai menjelang subuh kami masih dirumah ini, diperantauan. Ya udah mau gimana lagi, keadaan yang menghruskan demikian. Bukan karena takut sama covid-19 kemudian jadi tidak percaya sama perlindungan Allah SWT, lebih takut sama peraturan perusahaan dan pemerintah, tidak percaya sama takdir, dan lain sebagainya. Seriusan kita dikata-in gitu sama seseorang, dengan kesombongannya.

Padahal, kita tidak mudik adalah sebagian dari ikhtiar maksimal yang dapat dilakukan bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain disekeliling kita juga keluarga besar kita nantinya dikampung halaman. 

Saya percaya mudik atau tidak mudik bukanlah masalah yang besar, yang penting komunikasi masih tetap lancar dan hati kita saling memaafkan serta mendoakan yang terbaik. Jadi buat seseorang ataupun banyak orang yang pada akhirnya tetap mudik, maka berbahagialah kalian karena bisa berkumpul dengan keluarga dan merayakan lebaran dengan sempurna.


Baca juga : Merayakan lebaran dimana?


Saya tidak bikin ketupat, tapi pesen beberapa bungkus lontong sama tetangga yang kebetulan menerima pesanan. Rencananya saya akan bikin sayurnya seseudah sholat Ied. Selain itu beberapa hari sebelum lebaran saya sudah bikin banyak cemilan untuk hidangan lebaran walaupun tidak yakin bakalan ada tamu jadi memang buat sendiri aja, dan sedikit hantaran untuk tetangga.


Baca juga : Bikin kacang bawang renyah untuk sajian lebaran


Ternyata karena memang hampir 99% persen warga diperumahan tempat saya tinggal tidak mudik, jadi lumayan ramai. Kita saling mengunjungi untuk maaf-maafan dengan protokol kesehatan tentunya, yaitu pakai masker dan selalu bawa handsanitizer kemanapun. Makanan berlimpah karena saya juga dikirim ketupat dan kawan – kawannya seperti opor ayam, rendang, kentang balado, dan lainnya. jadi rencana bikin sayur ketupatnya gagal, dan sampai sore pun kami cukup makanan gak masak lagi.





MasyaAllah Tabarokalloh, yang tadinya kebayang bakalan ngerasa sepi banget lebaran cuma berdua aja sama suami, ternyata tidak. Kami disini baik – baik saja dan saling menguatkan. InsyaAllah akan ada masanya berkumpul lagi dengan keluarga besar tercinta. Yang penting pada sehat dulu aja ya kan?

Alhamdulillah, bagaimana hari lebaran kalian?



Wassalam,

pertiwi


Baca juga : Yang dirindu saat setiap lebaran

 

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9