Lifestyle, Hobi, and Story

BIKIN KACANG BAWANG RENYAH

Tuesday, May 12, 2020


Assalamu'alaikum semuanya..

Setiap daerah pasti punya tradisi lebaran yang masing - masing. Yang terkadang unik dan berbeda dengan tradisi lebaran daerah lain. Begitupun menu khas saat lebaran tiap daerah juga kadang punya menu yang khas.

Yang biasa saya temui di rumah sendiri dan juga saat berkunjung ke rumah saudara adalah Ketupat sayur, terus rempeyek kacang, kacang bawang, rengginang, bebeapa kue kering seperti nastar, kastengel, semprit, telur gabus dan aneka macam cemilan lainnya.


Dan saat ini saya mau berbagi resep bikin kacang bawang yang gurih dan renyah. Dijamin anti gagal, soalnya buat pemula seperti saya aja berhasil hehe...

Kacang Bawang Renyah

Bahan :
2 kg Kacang tanah yang sudah dikupas
1 bungkus santan instan ukuran 65ml
20 siung bawang putih, bisa ditambah jika ada
10 lembar daun jeruk purut
2 sdt gula pasir
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1500ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih kacang tanah yang telah dikupas, lakukan dengan hati - hati agar butirannya tidak pecah, kemudian tiriskan.
  • Iris bawang putih, bagi rata menjadi 2 bagian, satu bagian irisan bawang putih untuk merendam kacang, satu bagian lagi nanti akan digoreng untuk taburan.
  • Masukkan 1500ml air kedalam wajan, tambahkan santan instan, gula, garam, kaldu bubuk dan satu bagian bawang putih juga daun jeruk, tunggu hingga mendidih.
  • Jika sudah mendidih tuang ke dalam wadah yang berisi kacang tanah, pastikan seluruh kacang tenggelam dalam rebusan air bumbu dengan sempurna, tunggu 1 - 2 jam.
  • Jika sudah 1 - 2 jam tiriskan kacang, dan siap untuk digoreng dalam minyak panas dan api sedang. Perhatikan tingkat kematangan, angkat setelah warna kuning keemasan jangan tunggu terlalu matang, supaya tidak gosong.
  • Setelah diangkat, tambah dengan sedikit garam apabila kurang asin, juga taburan bawang putih goreng. simpan ke dalam toples saat hawa panasnya hilang.
Kacang bawang renyah, siap dihidangkan untuk menemani hari raya.

Kaiian bisa juga liat cara masakanya di Channel youtube saya ya 




wassalam, 

pertiwi

Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-23 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9