Lifestyle, Hobi, and Story

SEMANGAT ASAH KETERAMPILAN MESKI DI RUMAH SAJA

Thursday, April 30, 2020
semangat asah keterampilan meski di rumah saja


Assalamu'alaikum,

Kita Selayaknya merasa beruntung dapat merasakan hidup di era digital seperti saat ini, terlepas dari pro dan kontra tentang manfaat dan mudhorotnya. Memang dengan adanya smartphone, segala aplikasinya dan internet kadang membuat kita lalai, kadang juga bisa menjadikan yang dekat terasa jauh yang jauh terasa dekat karena kita lebih disibukkan dengan smartphone, dan masih banyak lagi ke mudhorotannya jika tidak dimanfaatkan secara bijak.

Namun saat teknologi digital dimanfaatkan dengan bijak, kita akan menyadari bahwa manfaatnya sangat besar dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi saat situasi seperti sekarang dimana kita harus 'stay at home'. Terasa sekali besar manfaatnya. Selain sebagai alat komunikasi yang memudahkan kita terhubung dengan orang lain, silaturami dengan kelurga yang jauh di luar kota jadi terjembatani. Juga bisa menjadi sarana hiburan, sarana berbagi informasi, sarana mencari rejeki,  dan sebagai sarana belajar dan mengembangkan diri. Setidaknya itu yang saya rasakan.

Keterampilan apa saja yang tetap bisa saya pelajari meski hanya dirumah saja?

Memasak
Saya pribadi menganggap memasak bukanlah hobi.  Tapi saya tetap terus berusaha menambah skill memasak saya supaya dapur tetap ngebul dan menunya lebih variatif. Soal teknik memasak sejujurnya tidak terlalu saya pikirkan. Saya hanya menambah koleksi perbendaharaan resep dan mempraktekannya. 

Walaupun hasil recook resepnya kadang masih belum maksimal tapi saya cukup bahagia. Jika recook resepnya berhasil sesekali dibuat video untuk channel youtube saya buat arsip pribadi sekaliagus juga berbagi siapa tahu bermanfaat buat oang lain yang membutuhkan. 

Menjahit
Jadi, dulu kala itu saya memang pernah kursus menjahit pola dasar. Iya masih pola dasar dan itu pun gak sampai selesai karena udah terlanjur sibuk ini itu dan males. Sekarang kalau sedang coba jahit baju sendiri tentu saja dong buka tuturial di youtube, hehe.

Merajut
Yang punya keinginan bisa merajut, sekarang sudah dimudahkan sekali. Tinggal kuatkan niat, dan cari tutorialnya saja. Ada banyak banget channel dengan konten tutorial rajut  dari yang lokal sampe yang internasional.

Hasil karya saat ikutan BLIND CAL pertama kalinya 

Beneran tinggal kitanya mau atau tidak, sabar atau tidak, telaten atau tidak. dan mau meluangkan waktu untuk berpusing ria sejenak atau tidak. 

Vlogging / Ngeyoutube
Nah, baru - baru ini saya juga mulai belajar shooting dan editing video untuk youyube channel saya meskipun hanya menggunakan Smartphone saja.

Berkebun
Berkebun itu gampang - gampang susah, dan memang harus berusaha memahami beberapa tips dan trik dalam merawat tanaman tertentu. Karena saat mengurus makhluk hidup kita tidak bisa sesuka  hati kita dalam memberikan treatment. sama halnya seperti manusia tanaman yang banyak sekali jenisnya juga memiliki karater masing - masing. 

Baca juga : Lima alasan saya suka berkebun

Saya mempelajari banyak hal bukan berarti saya hebat atau multitasking atau gimana sih, saya belajar karena saya ingin bisa. Dengan segala keterbatasan saya sesekali memang pada akhirnya ada yang mesti dikorbankan. Misal saat saya sedang serius nyari pola rajutan dan bikin produk rajut biasanya saya gak punya waktu untuk coba pola jahitan. Atau saat saya praktek masak yang niatnya bikin konten akhirnya tidak bisa record video karena ya keterbatasan saya itu. Banyak hal yang diurusin. 

Jadi saat kita belajar banyak hal ya jangan jadi bikin stress juga, sesuaikan keadaan dan kemampuan, jangan terlalu dipaksakan. Point yang terpenting adalah kita mau belajar dan mengasah keterampilan kita supaya tidak stagnan. apalagi saat sudah jadi IRT yang kesehariannya cuma 'uplek' sama dapur dan cucian. Bisa - bisa otak kita beku karena jarang di asah. Jadi, semoga kita tidak pernah lelah mengasah keterampilan kita.

Kira - kira itulah beberapa keterampilan yang saja pelajari. Mungkin ada beberapa orang yang suka belajar make-up, crafting, hand lettering, design interior, public speaking, dan masih banyak keterampilan lain. Tetap samangat ya apapun hobi atau passion kalian.

Wassalam,

pertiwi

Baca juga : Tujuh aplikasi penting saat di rumah saja

Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-11 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9