Lifestyle, Hobi, and Story

TETAP 'Enjoy' MESKI DI RUMAH SAJA

Monday, April 27, 2020


Besar atau kecilnya rumah bukanlah ukuran kebahagiaan. Makna rumah juga bukan berarti sebuah bangunan mewah. Bisa saja rumah itu berupa gubug sederhana, sebuah perumahan subsidi dengan bangunan alakadarnya, atau bahkan sebuah kontrakan tiga petak yang disewa saat diperantauan.

Rumah tetaplah rumah, sebuah tempat yang akan menjadi tujuan melepas lelah, mengistirahatkan jiwa dan raga. Sejauh apapun kita melangkah pasti akan rindu untuk pulang kerumah.

Sebelum munculnya pandemi covid-19, saya yang notabene hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa yang kegiatan sehari - harinya dirumah nyaris 24 jam sehari, tujuh hari seminggu kecuali ada untuk belanja, dan kegiatan pengajian rutin dengan ibu - ibu komplek perumahan. Otomatis dong aktivitas saya hanya di sekitaran rumah saja.

Baca Juga : Social Distancing Salah Satu Langkah Menghindari Dari Covid-19

Dan saat ini, setelah adanya pandemi covid-19 dan semua kegiatan yang berpontensi menimbulkan kerumunan, dan lainnya di hentikan serta himbauan untuk di rumah saja maka tidak ada pilihan lain selain menikmati hari - hari yang mirip karantina ini.

Tapi itu sama sekali bukan masalah besar bagi saya, karena memang saya merasa nyaman di rumah. Meski beberapa orang yang mungkin terbiasa dengan rutinitas yang sibuk di luar rumah mulai merasa bosan, itu wajar saja. Ini hanya soal kebiasaan saja sih, selain mungkin pengaruh dari karakter juga kepribadian. Tentunya akan berbeda antara orang introvert dan ekstrovert, katanya sih begitu.

Hal lain yang mempengaruhi seseorang nyaman dirumah atau tidak salah satunya adalah bagaimana interaksi antara masing - masing penghuninya. Bagaimana mereka saling berkomunikasi dan lainnya. Jika ada yang tidak nyaman dirumah karena buruknya komunikasi, semoga dengan keadaan yang mengharuskan 'dirumah saja ini' akan memperbaiki keharmonisan serta kehangatan dalam  keluarga. Aamiin.

Beberapa hal lain yang membuat nyaman berkegiatan dirumah antara lain adalah :

Tidur lebih awal, dan bangunlah lebih pagi
Kebiasaan saya dulu kalau hari libur adalah bebas begadang hingga kadang bangun kesiangan, sekalinya bangun untuk subuhan itupun langsung lanjut tidur lagi. Libur gitu lho.. hari mager sedunia bebas ngapain aja.

Sesekali mungkin tidak masalah, tapi saat menjadi ibu rumah tangga yang kondisinya saya harus dirumah saja seharian penuh kebiasaan buruk ini jelas sekali akan mempengaruhi produktivitas, mood, juga kesehatan baik kesehatan fisik maupun pikiran. Karena bagaimanapun kualitas tidur mempengaruhi kesehatan.

Bangun lebih pagi akan membawa semangat untuk melakukan aktivitas, sebaliknya saat bangun kesiangan entah kenapa membuat saya jadi malas 

Olahraga
Lakukan gerakan peregangan jika memang terlalu malas untuk lari pagi. Muter - muter diruang tamu sempir sekian kali putaran lumayan juga kan. Seperti yang saya lakukan karena terlalu malas untuk keluar rumah.

Mandi Pagi
Biasakan mandi juga ya biar fresh dan mood untuk melanjutkan aktivitas lainnya meningkat. Saya sendiri merasakan bedanya saat saat males-malesan mandi pagi rasanya pans gerah dan gak nyaman jadi merusak mood juga kan akhirnya.

Bersihkan dn rapikan rumah secara rutin
Biasakan untuk segera membersihkan dan merapikan kembali peralatan apapun setelah selesai beraktivitas. Misal, membersihkan dapur sehabis masak, mencuci piring setalh makan, merapikan tempat tidur, juga pakaian setelah dicuci.

Menunda - nunda tidak akan membuat semuanya selesai dalam sekejap kecuali kita panggil jasa kebersihan. Jadi, lakukan sesegera mungkin sebelum pekerjaan rumah ini menumpuk dan membuatmu lelah dan stress karena kewalahan.

Jangan segan berbagi tugas atau ajak anggota keluarga lain untuk sama - sama menyelesaikannya agar mereka juga merasa punya tanggung jawab. Percayalah rumah yang bersih dan rapi pasti akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Buat Planner 
Sejauh ini saya masih terbiasa menulis dibuku. Tentang kegiatan rutin yang harus saya selesaikan, juga beberapa target yang ingin saya capai. Misal kapan saya harus belajar, bikin konten youtube, editing, meski kadang tidak sesuai planning kalau lagi 'mager' tapi minimal tidak terlalu jauh keluar dari track yang seharusnya.

Terapkan pola makan yang baik
Karena sehari - hari dirumah saja, seringkali membuat kita lupa untuk sarapan, jawal makan berantakan atau sebaliknya jadi kebanyakan jajan, negmil ini itu yang kalau terlalu sering tentunya akan mengganggu metabolisme tubuh kita. Please, jangan sepelekan perkara makanan ini ya temans. Tetap jalani pola makan yang baik, baik dalam kualitas maupun kuantitas.

Itulah beberapa hal yang lumayan bisa membuat saya tetap enjoy dan nyaman meski harus dirumah saja. Sesekali memang bosan dan butuh refreshing, itu hal yang wajar. Semoga pandemi ini segera berlalu, Amiin.

Stay safe, Stay health, stay at home.


wassalam,

pertiwi


Baca juga : Tindakan preventif agar terhindar dari covid-19



Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-8 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge



Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9