Lifestyle, Hobi, and Story

SEKILAS TENTANG VIRUS CORONA (COVID-19)

Monday, April 20, 2020

Hai, Assalamu’alaikum

Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, terhidar dari segala marabahaya, penyakit, kemiskinan, kemalasan serta segala bentuk kedholiman, Aamiin.

Belakangan ini dunia digemparkan dengan kemunculan virus Corona (Covid-19). Virus Corona sendiri pertama kali temukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir desember 2019. Kemudian menular dengan cepat dan menyebar ke hampir semua negara didunia termasuk Indonesia. Sehingga banyak negara yang terpaksa menerapkan kebijakan Lock Down demi menghambat penyebaran virus Corona. Dengan cara menutup akses keluar masuk dalam negaranya juga mambatasi berbagai kegiatan yang memungkinkan adanya keramaian.

Sebagian besar orang mengalami kepanikan luar biasa hingga melakukan berbagai antisipasi extrim dengan memborong disinfektan, masker, bahkan hand sanitizer. Dapat diprediksi barang - barang tersebut menjadi langka dipasaran. Hargapun melambung tinggi melewati batas nalar.

Tapi sayangnya sebagian golongan lagi justru ada yang tidak peduli, dan tidak mau tahu. Entah karena kurangnya edukasi, penyuluhan atau memang manusianya sendiri yang masa bodoh. Celakanya adalah orang yang sebenarnya tahu tapi menutup mata dan pura - pura tidak tahu dengan dalih "pasrah dengan takdir, kematian adalah takdir"

Hemm... Kalau ketemu orang macam ini enaknya di apain ya?

Supaya saya tidak termasuk dalam golongan orang yang ngeyelan pun juga orang yang terlalu panikan maka saya pun mencari beberapa informasi terkait Covid-19 ini. Dari berbagai sumber yang notifikasinya muncul setiap hari di beranda smartphone saya. Mohon dikoreksi apabila pembaca menemukan kesalahan informasi dalam tulisan saya ini. 

sekilas tentang corona virus covid 19
pick from google


Virus Corona (Covid-19) itu apa sih?

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 SARS-CoV-2) adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Dan menyerang sistem pernapasan, hingga menyebabkan  gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru – paru yang berat, hingga kematian.

Virus ini dapat menyerang siapa saja dari mulai anak – anak hingga dewasa, wanita hamil dan menyusui juga pada lansia. Infeksi virus corona inilah yang disebut covid-19. Efeknya akan lebih berbahaya bahkan fatal apabila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang  memiliki penyakt tertentu, perokok, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah, misalnya pada penderita kanker.

Virus Corona merupakan bagian dari coronavirus yaitu kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Setelah sebelumnya telah muncul virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrom (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru – paru (pneumonia).

Meski Virus Corona, MERS dan SARS  termasuk dalam kelompok yang sama  yaitu termasuk dalam coronavirus akan tetapi ada beberapa perbedaan antara lain dalam hal penyebaran dan keparahan gejala. Oleh karena itu kita harus mengenal dan memahami lebih jauh gejala virus corona (covid-19) ini agar bisa lebih waspada dan tanggap dalam proses antisipasi.

Gejala Virus Corona (Covid-19)

Gejala awal infekti covid-19 biasanya menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. Namun ada 3 (tiga) gejala umum yang lebih spesifik bagi covid-19, yaitu :
  1. Demam tinggi 
  2. Batuk
  3. Sesak napas
Pasien juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, pilek, diare, mual, dan muntah. Meskipun hal tersebut jarang terjadi.

Gejala – gejala ini umumnya muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah penderita terpapar virus corona.Itulah kenapa kita disarankan untuk isolasi mandiri dirumah selama 14 hari setelah bepergian atau bahkan mendapatkan gejala – gejala umum.

Sedangkan pada Flu biasa yang disebakan oleh rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Keluhannya yang sering terjadi yaitu muncul dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Gejala-gejalanya sering terjadi pada flu biasa adalah:
  1. Bersin - bersin
  2. Hidung tersumbat dan berair
  3. Sakit tenggorokan
  4. Sakit kepala ringan
  5. Batuk
  6. Demam ringan (jarang terjadi)
Gejala - gejala tersebut biasanya muncul 1 - 3 hari setelah terpapar virus dari orang lain. Dan umumnya flu biasa ini akan sembuh sendiri dalam waktu 4 - 9 hari. Semakin kuat daya tahan tubuh maka akan semakin cepat sembuh. Oleh karena itu disarankan pada penderita flu untuk banyak istirahat, makan makanan bernutrisi, dan banyak minum air putih.

Demikian halnya Penderita covid-19 dengan gejala ringan disarankan juga untuk banyak istirahat dan makan makanan bernutrisi bila perlu ditambah dengan vitamin. Dan perlu diingat pula untuk melakukan isolasi mandiri dan membatasi interaksi dengan orang lain.

Dan apabila gelajanya tidak kunjung membaik dalam kurun waktu satu minggu atau bahkan menjadi semakin berat segera hubungi tenaga kesehatan terdekat. Supaya segera mendapat penanganan yang tepat.

Penularan Virus Corona (Covid-19)

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet yang keluar saat penderita covid-19 batuk atau bersin.      
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan ludah penderita covid-19.
  • Kontak jarak dekat dengan penderita covid-19
Meskipun belum ditemukan Vaksin yang bisa mencegah penularan infeksi virus corona (covid-19) tapi kita bisa memiminimalisasi reseikonya dengan cara :
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun 
  • Menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah maupun saat ditempat umum/ramai
  • Memperbanyak minum air putih
  • Beristirahat yang cukup
  • Tidak menyentuh area wajah terutama mata, hidung, dan mulut dengan tangan kotor
  • Menghindari kontak dengan orang yang sedang batuk dan demam.
  • Menghindari dulu rencana bepergian dari lokasi zona merah maupun ke lokasi zona merah. 
Tetap waspada dan bijaksana menyikapi pandemi ini. Memang hidup mati seseorang itu sudah ditakdirkan, namun ikhtiar maksimal kita untuk menghindari diri dan orang lain dari kebinasaan semoga akan dicatat sebagai salah satu ibadah oleh Allah SWT.

Semoga tetap sehat, dan bersabar meski harus dirumah aja.

Salam,

pertiwi

Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-1 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge





Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9