Lifestyle, Hobi, and Story

PENGARUH COVID-19 DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI

Tuesday, April 21, 2020


Assalamu'alaikum

Setelah sekian waktu covid - 19 muncul dan menggegerkan dunia. Dan lebih parahnya lagi sudah sampai di indonesia. Kemudian dengan cepat menyebar kesegala penjuru tanah air. Bisa di katakan dunia sedang tidak baik - baik saja. 

Sejak saat itu pula pembicaraan tentang covid-19 menjadi tranding topik dari segala lapisan masyarakat. Pagi, siang, malam tiada hentinya covid-19 ini dibahas. Televisi, social media, radio, dan berbagai portal berita online secara rutin berlomba untuk memberikan informasi terkini tentang covid-19.

Dan pengaruhnya itu meliputi banyak aspek bahkan bisa dibilang seluruh aspek kehidupan. Sungguh luar biasa dahsyat, terutama karena penularannya yang sangat cepat hingga mngharuskan setiap orang untuk membatasi ruang gerak. Himbauan #dirumahaja pun gencar dilakukan sebagai bentuk social distancing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Aspek Pendidikan
Sejak ditemukannya kasus positif Covid-19 sekolah - sekolah maupun kampus mulai menghentikan kegiatan belajar mengajar secara langsung dan menggantinya dengan kegiatan belajar mengajar jarak jauh via online. Bahkan untuk pertama kalinya tahun ini ujian nasional ditiadakan.

Aspek Spiritual
Kegiatan keagaman yang sekiranya akan melibatkan banyak orang dan jamah, seperti majelis taklim, tabligh akbar, bahkan kegiatan sholat jumat dan sholat berjamaan di masjid mulai dihentikan. Dan praktis membuat suasana Ramadhan menjadi sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

Yang biasanya suka kumpul-kumpul ketemuan sama temen, atau main kesana kemari. Atau bahkan dengan alasan silaturahmi sekalipun tidak diperkenankan. Bahkan berita terakhir menyebutkan bahwa presiden sudah membuat peraturan untuk larangan mudik. Hemm.. Seperti halnya bukber mungkin mudik juga akan menjadi sekedar wacana saja tahun ini. 

Aspek Ekonomi
Roda perekonomian melambat. Banyak kantor yang mulai melakukan WFH (work from home). Ojek online, angkot dan lainnya sepi penumpang. Restoran, warung, makan dan lainnya mengalami penurunan omset. Pedagang asongan dan kaki lima menurun penghasilannya. Sektor pariwisata otomatis lumpuh total. Ya, krisis ekonomi sudah didepan mata.

Aspek Lifestyle
Kesadaran untuk menjaga kesehatan semakin tinggi dengan cara menjaga kebersihan diri. Sering - sering cuci tangan, pakai handsanitizer. Pakai masker saat keluar rumah. Mungkin ini bisa dibilang dampak yang baik dari sekian banyak dampak buruk. Adanya pandemi ini membuat kita semakin sadar untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan hidup sehat mulai dari menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan, menjaga pola makan, rajin olah raga serta berjemur. Semoga ikhtiar kita untuk menjaga nikmat sehat di ridhoi oleh Allah SWT, Aamiin.

Itulah sekilas pengaruh dari adanya covid-19 menurut kacamata ibu rumah tangga yang sekarang makin sibuk meski dirumah aja, karena paksu sedang WFH. Sibuk ngoprek dapur dan recook resep masakan biar gak usah jajan keluar rumah. 

Salam,

Pertiwi

Baca juga : Sekilas tentang covid-19

Disclaimer : tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2020 #BPN30dayRamadhanchallenge2020-2 #bloggerperempuan #bpnramadan2020 #30dayblogchallenge

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9