Lifestyle, Hobi, and Story

Tips sehat Untuk Calon Ibu

Tuesday, December 4, 2018


Assalamu'alaikum,

Dari sekian banyak buku - buku yang saya baca mengenai program kehamilan dan nasihat dokter yang pernah saya terima point penting untuk menjaga kesehatan dalam mempersiapkan kehamilan adalah memperbaiki pola hidup, dengan cara :

  • 1. Konsumsi Makanan yang Bergizi
Ini menjadi salah satu hal yang harus benar - benar di pehatikan oleh calon ibu yaitu konsumi makanan yang bergizi seimbang dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air, garam, serat dan asam folat.

Asam olat sendiri diperlukan untuk membentuk sel yang baru, serta mengembangkan  syaraf dan otak janin. kebutuhan asam folat yang tercukupi akan mengurangi resiko kelainan susunan syaraf pada bayi. Asam folat sendiri tidak dapat disimpan oleh tubuh sehingga harus diberikan setiap hari  dalm jumlah 0,4mg/hari.

Sumber asam folat adalah hati, sayuran hijau, jeruk, kacang - kacangan, roti gandum, serelia, dan ragi.

Hindari sebisa mungkin menu junk food atau menu cepat saji dan berpengawet dengan alasan praktis. Agak susah ya gaes karena menu - menu makan junk food memang sungguh menggoda tapi kita mesyi mengusahakannya, Bila perlu ganti semua camilan menjadi buah -buahan , smoothies, atau sereal.

Banyak konsumsi air putih setidaknya 2 liter sehari. Hentikan kebiasaan minum minuman kaleng yang bersoda atau mengandung pengawet dan pemanis buatan.

  • 2. Olahraga Secara Rutin
Menjaga kebugaran dengan berolahraga sangat dianjurkan bagi pasangan yang ingin segera hamil dan punya anak. manfaatnya tentu saja adalah menjaga kebugaran, mengontrol berat badan dan menjaga kesuburan. Karena di percaya dengan olarraga yang teratur dapat mempertahankan keseimbangan hormon dalan tubuh.

Meski demikian pilihlah jenis olahraga ringan dan tidak rawan cidera (Low Impact) yang penting dilakukan secra rutin misalnya berjalan kaki, bersepeda santai, berenang, dan bermeditasi (yoga).

  • 3. Hindari Stres
Ini menjadi polemik bagi pasangan yang belum dikaruniai momongan. Hal ini tentunya tidak boleh di biarkan berlarut - larut karena justru akan semakin memperkecil peluang kehamilan.

Stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus, yaitu bagian di otak yang berfungsi untuk mengatus emosi, tekanan darah, denyut jantung, sushu tubuh dan perilaku konsumsi. Termasuk diantaranya juga mengatur hormon yang memerintahkan ovarium untuk melepaskan sel telur.

Karena itulah perempuan yang ingin hamil dianjurkan untuk santai dan rilex, meski untuk mewujudkan kondisi tersebut bukanlah hal mudah. Apalagi jika di tambah dengan buruknya support system dari lingkungan. Saat itulah bersikap 'bodo amat' dengan omongan orang menjadi perlu dilakukan.

  • 4. Istirahat Cukup
Apabila kita sudah bisa mengelola stres maka besar kemungkinan akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Kurangi begadang yang tidak perlu misal demi nonton drakor, dsb.

Tidurlah lebh awal apabila niat untuk sholat malam atau sahur, sehingga porsi istirahat tetap cukup. Dengan begitu kita bisa menjalani hari dengan lebih bugar dan samangat.


Karena proses terjadinyan kehamilan tak hanya menjadi tanggung jawab calon ibu, penting juga bagi calon Ayah untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Hilangkan kebiasaan buruk seperti merokok sangat dianjurkan.

Ya, namanya juga usaha kan ya.. semua tetap kembali kepada Allah SWT, yakin saja tidak ada usaha yang sia - sia. Dan yakin Allah akan mengabulkan doa di waktu yang paling tepat.

Wassalam,

Delima Merah



Tulisan ini disertakan dalam #BPN30dayChallenge2018 #BloggerPerempuan




Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9