Lifestyle, Hobi, and Story

Siapkah Menjadi Full Time Blogger?

Sunday, December 16, 2018


Assalamu'alaikum 

Pertanyaan menarik diatas tentu akan saya jawab dengan lantang dan penuh percaya diri seandainya memang saya berkompeten untuk itu. Sayangnya menjadi full time blogger bukanlah profesi yang bisa dianggap sebelah mata, karena dibutuhkan yang namanya komitmen dan konsistensi dalam membuat sebuh konten.

Rasanya saat ini saya belum siap untuk itu. Berkaca dari bagaimana saya masih terseok - seok bahkan untuk tulisan yang sudah ditentukan temanya seperti pada event #BPN30daychallenge2018 dari Blogger Perempuan Network sekarang ini. Masih harus banyak belajar lagi tentang dunia kepenulisan dan bagaimana memaksimalkan blog.

Akan tetapi hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil seandainya kita dalam hal ini adalah blogger pemula seperti saya mau berusaha lebih keras lagi. Kenapa harus segitunya banget ingin jadi full time blogger? 

Karena pada era yang serba digital seperti sekarang menekuni dunia kepenulisan yang telah menjadi hobi sejak lama melalui media digital  adalah sesuatu yang menyenangkan bukan? apalagi kegiatan menjadi blogger tidak mengharuskan saya yang notabene adalah IRT harus banyak keluar rumah.

Justru sebaliknya, dengan jadi full time blogger memungkinkan kita bisa mengatur waktu semaksimal mungkin untuk keluarga dengan tetap berkarya.

Akan tetapi sebelum memutuskan menjadi full time blogger ada baiknya memastikan tujuan dan target lebih dulu supaya jelas arahnya. Misal tujuan ngeblog sebagai wadah menyalurkan hobi menulis, sebagai sumber penghasilan, atau cuma sekedar mengisi waktu luang. Dengan begitu kita bisa tahu kapasitas kita nantinya akan seperti apa. Maka buatlah rencana atau planning berapa banyak waktu yang bisa kita luangkan untuk mengelola blog.

Hal lainnya yang mesti diingat bila mulai berniat menjadi full time blogger itu artinya kita harus bersiap dengan ketidak pastian dalam penghasilan. Sudah yakin melepas pekerjaan yang sudah jelas gajian setiap bulannya dan beralih menjadi full time yang belum jelas nominal penghasilannya?.

Dalam kasus saya yang saat ini mengandalkan gaji suami untuk biaya hidup, tak ada salahnya mencoba untuk rajin ngeblog dan mulai berproses menjadikan 'full time blogger' sebagai profesi.

Semoga ini semua bukan hanya sekedar kehaluan emak -  emak seperti saya. Semangatttt !!!!!

Salam,

Delima Merah

Tulisan ini disertakan dalam #BPN30dayChallenge2018 #BloggerPerempuan hari ke-22
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9