Lifestyle, Hobi, and Story

Gathering Blogger Perempuan : Cerdas Mengelola Konten Blog (CONTENT IS THE KING)

Friday, March 8, 2019
Hai,

Masih kelanjutan dari materi yang saya terima saat acara gathering Blogger Perempuan. Setelah Mba Shintaries dengan tema Memahami Platform Blog dan Mba Almazia tentang Visual Blog tibalah saatnya membahas bagaimana cara mengelola konten blog.



Sesi selanjutnya dibawakan oleh mba Nunik Utami, yang akan berbagi pengalamannya dalam menulis blog sejak tahun 2005 sebagai lifestyle blogger juga sebagai penulis buku dan editor. Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh mba Shintaries, bahwa Content is The KING, Itulah kenapa kita harus benar - benar menulis konten sebaik - baiknya. Hal ini juga dapat kita terapkan dalam mengelola sosial media.

Menurut mba Nunik dalam menulis konten jadilah diri sendiri dan apa adanya. curhat boleh tapi asalkan tetep bermanfaat. Berusahalah untuk selalu memberikan poin penting yang bisa dishare kepada pembaca bukan sekedar curhat. 

Untuk Membuat konten yang baik dan disukai pembaca, kita dapat menerapkan beberapa strategy, yaitu : 

1. Chronological
Dengan memberikan uraian tentang kronologis atau urutan kejadian suatu peristiwa.

Contoh : Penulis menceritakan tentang pengalamannya saat melakukan proses pencairan dana BPJS ketenaga kerjaan. Maka penulis harus menjelaskan tatacara dan kendala secara jelas. 

2. Thematic
Tulisan yang membahas suatu topik bahasan tertentu.

Contoh : Penulis menceritakan bagaimana perjalanan kisahnya saat merenovasi rumah. Kemudian membagi artikelnya dalam beberapa tulisan, misal Renovasi Part 1, Renovasi Part 2 , Renovasi Part 3, atau lainnya.

3. Didactic
Tulisan yang bersifat ilmu pengetahuan

Contoh : Penulis menceritakan pengalamnnya saat mengikuti seminar kesehatan atau kegiatan lainnya. bisa juga dengan membagikan ilmu pengetahuan yang didapat dari buku atau jurnal tertentu.

4. Problem solution
Tulisan yang berisi solusi permasalahan yang dialami oleh penulis.

Contoh : Penulis menceritakan saat anaknya terkena penyakit cacar. Maka dalam tulisannya penulis haruslah bisa menjelaskan secara rinci dari mulai gejala penyakit sampai bagaimana penanganannya. berdasarkan pengalaman probadi penulis

Mba Nunik juga mengungkap beberapa hal yang terkadang luput dari perhatian saat menulis konten akan tetapi cukup berpengaruh bagi pembaca. yaitu :

Tulisan pada paragraf pertama dalam sebuah konten. Buatlah semenarik mungkin sehingga pembaca berkenan untuk membaca tulisan secara keseluruhan dari awal sampai akhir. 

Menurut pendapat saya membuat paragraf pembuka yang menarik bukanlah hal yang sulit akan tetapi tidak serta merta menjadi mudah. Hal ini butuh latihan secara terus menerus. Semakin kita banyak menulis maka kita akan semakin terbiasa. Jadi intinya menulislah dari sekarang, karena obat paling mujarab saat stuck dalam menulis ya hanya dengan menulis.

Kalaupun ingin refresh dari kejenuhan saat menulis boleh saja, tapi jangan kelamaan. Misal, dalam sebulan bikin konten 10 tapi kemudian menghilang 10 bulan kemudian. Heloooow itu cuti atau cuti? *toyor kepala sendiri*
Pengalaman pribadi, semakin lama break menulis maka akan semakin sulit untuk memulai untuk rutin menulis lagi.

Dan tetaplah jadi diri sendiri dan jujur saat menulis konten, diri sendiri yang terus belajar memperbaiki diri dan kualitas dong tentunya.  Semangatttt!!!

Salam,

Pertiwi utomo









2 comments on "Gathering Blogger Perempuan : Cerdas Mengelola Konten Blog (CONTENT IS THE KING)"
  1. Wah terima kasih mbak. Content is the king ! Tadinya saya juga ingin membahas hal serupa. Itulah kenapa saat inipun saya masih sering ngedit konten lama. Karena asas manfaat. 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bagaimanapun yang namanya ngeblog pasti yang dibaca ya kontennya ya. justru itu yang paling sulit bikin konten yang bagus itu.. hehe

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9