Lifestyle, Hobi, and Story

Gathering Blogger Perempuan : Cerdas mengelola Konten Blog (MEMAHAMI PLATFORM BLOG)

Wednesday, February 6, 2019
Alasan terbesar yang membuat saya semangat untuk hadir ke acara Blogger Perempuan Network selain untuk bersilaturahmi secara langsung dengan beberapa teman blogger yang biasanya cuma 'say hello' saat blogwalking atau melalui sosial media adalah untuk mendengarkan secara langsung kiat untuk mengelola konten dengan cerdas.

Penasaran kan bagaimana para blogger sukses macam mba Shintaries, mba Almazia dan mba Nunik mengelola blog mereka selama ini?

Nah, Sebelum lupa kemudian ilmu yang saya dapat menguap begitu saja saya akan mencoba menuliskan resep rahasia sukses mereka dalam mengelola blog. Selain bisa menjadi reminder buat saya sendiri dikemudian hari. semoga saja bisa bermanfaat juga bagi yang membaca.

Karena itulah saya tidak ingin menyiakan kesempatan emas untuk hadir dalam acara gathering yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network khusus buat para member Blogger Perempuan yang diadakan pada hari sabtu, 02 februari 2019 di Menara BTPN, Kuningan Jakarta selatan.

Saking padatnya agenda acara yang semula dijadwalkan mulai pukul 10.00 WIB s/d 14.00 WIB baru selesai pukul 15.30 WIB. Luar biasa..


gathering blogger perempuan
pict dari instagram Blogger Perempuan

Setelah sebelumnya ada sesi Financial Planner oleh Budi Rahardjo dengan tema 'Kelola Keuangan Pribadi'. Dan sharing dari tim Jenius Connect tentang tabungan jenius dari bank BTPN.

gathering blogger perempuan
pict dari instagram Blogger Perempuan


Akhirnya mba Shintaries yang merupakan founder dari Blogger Perempuan membuka sesi dengan uraian mengenai Platform untuk ngeblog yang paling populer saat ini yaitu :



Masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing jadi tinggal disesuaikan dengan selera dan kebutuhan saja pilih platform apa. Alih - alih pusing mikirin pilih platform trus menerus jangan sampai menjadikan kita stuck ya, karena apapaun platformnya yang paling penting adalah kontennya. Jadi, segeralah menulis.


"Apapun Platformnya yang paling penting adalah Konten." kata mba Shintaries


Untuk memudahkan saat memilih Platform untuk menulis blog sebaiknya disesuaikan dengan target  ngeblog yang kita punya, iya temans ini penting ya untuk menentukan target dari awal, yaitu :

1.Traffic

Jika kita mengharapakan traffic blog yang tinggi maka sejak awal sebaikanya mulai memilih platform yang bisa mendukung web supaya tidak lemot saat diakses oleh pembaca. Misal dengan menggonakan wordpress yang harus kita siapkan domain dan hostingnya juga.

2. Pembaca yang loyal
Setiap tulisan akan menemukan pembacanya, itu benar. Maka dari itu tetaplah menulis meskipun mungkin saat ini tulisan kita masih sepi pembaca, karena dengan berjalannya waktu dengan konsistensi maka kita akan menemukan style yang pas saat menulis.

Pembaca akan menjadi loyal apabila konten yang kita sajikan menarik dan bermanfat dikemas dalam tulisan yang baik dan tidak membosankan, serta kemudahan saat mengakses blog kita

3. Popularitas
Jika traffic blogg sudah tinggi serta sudah punya banyak pembaca yang loyal maka besar kemungkinan kita akan menjadi populer. Akan ada para pmbaca yang menunggu tulisan - tulisan kita. Keuntungannya apa sih? tentunya jika blogger telah menjadi populer maka akan ada banyak peluang rejeki yang menghampirinya.

4. Penghasilan
Betapa menyenangkan saat kita menjalani hobi namun sekaligus bisa berpenghasilan dari hobi kita. Impian banyak orang deh kalau ini. Tidak bisa dipungkiri dengan adanya penghaslilan dari blogg akan semakin menambah semangat untuk terus berkarya.

Emang bisa ya? Tentu!

Jika traffic sudah tinggi, banyak pembaca setia, otomatis akan banyak pula tawaran sponsored post, review ini itu, dll. Asalkan tetap menjaga konsistensi konten yang telah kita buat selama ini. Misal dengan benar - benar memilih produk yang memang kita yakini bagus dan perlu direkomendasikan. 

Sehingga pembaca kita tidak merasa di bohongi oleh konten yang kita buat. 


cerdas mengelola konten blog
Mba Shintaries saat sesi cerdas mengelola konten blog



Takut nanti tulisan ini jadi terlalu panjang dan membosankan maka saya akan membaginya menjadi beberapa artikel ya. Karena sayapun kadang males untuk membaca artikel yang terlalu panjang.

So, nantikan 'Cerdas Mengelola Konten Blog' Part Selanjutnya ya ya..

Terima Kasih,

Salam,





4 comments on "Gathering Blogger Perempuan : Cerdas mengelola Konten Blog (MEMAHAMI PLATFORM BLOG)"
  1. Tapi saya pernah baca kalau Google lebih suka tulisan yang panjang. 🙈

    Gimana dong mbak?

    Btw, makasih ya sudah berbagi ilmunya. Saya juga pingin datang waktu itu. Tapi qadarullah sakit. Huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba, iya sebenernya google emang lebih suka artikel yang panjang minimal 1500 kata ( mohon koreksi kalau salah) tapi takut pembacanya bosen aja sih sama konten aku. Dan sengaja juga biar jadi beberapa konten.

      Delete
  2. Senangnya blogger yang tinggal di sekitaran jabodetabek selalu bisa hadir acara yang diselenggarakan komunitas dapat ilmunya pula. Saya tinggal di makassar kejauhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget yang dijabodetabek bisa sering ikut acara BP karena aksesnya mudah. Kemarin aja aku belain dari cikampek. Mudah2an next time BP ngadain acara di makassar biar mba bisa ikutan.. Hehe..

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9