Lifestyle, Hobi, and Story

Tiga Bulan Pertama Menjadi IRT

Friday, February 1, 2019
Assalamu'alaikum, 

Hari ini sudah genap 3 bulan  saya menjalani kesibukan dirumah. Yeayyy.. akhirnya. meski kadang kangen juga masa - masa sibuk ngantor tapi hidup itu pilihan ya gaes, dan saya bahagia dengan pilihan saya sekarang.

Baca ini juga : Pertimbangan sebelum resign

Sedikit cerita tentang beberapa pertanyaan yang sering saya terima dari teman bahkan keluarga saat belum benar - benar resmi meninggalkan meja kerja hingga saat ini setelah tiga bulan pasca resign. Kadang ada rasa jengah juga karena ada beberapa hal yang memang tidak ingin kita jelaskan ke semua orang.

Untungnya semua itu masih wajar dan masih dalam batas yang bisa ditoleransi, saya anggap sebagai bentuk perhatian dan kepedulian dari mereka.

Berikut ini adalah beberapa pertanyan yang sering saya terima sebelum/selama menjadi ibu rumah tangga :

Apa gak bosen dirumah terus?
So far sih saya belum ngerasain bosen yang gimana banget sampai uring -uringan. Mungkin karena memang pada dasarnya saya orang rumahan ya, jadi memang betah aja dirumah terus. Keluar rumah bener - bener kalau ada keperluan semacam belanja sayuran, atau belanja bulanan ke supermarket terdekat. 

Selebihnya saya sedang sibuk ngunjungin kantor BPJS Ketenagakerjaan karena mau cairin uang BPJS. Ketahuan banget lagi BU nya euy. Takut keburu lupa dan males juga sih kalau tidak sesegera mungkin diurus. Dan seriusan ternyata seribet itu lho klaim uang kita sendiri. *LOL*

baca jua pengalaman saya urus klaim BPJS 

Saya sendiripun lumayan speechless, ternyata sebetah itu saya dirumah sendirian, menikmati me time yang cukup panjang lumayan bikin saya banyak merenung. Banyak hal yang pada akhirnya membuat saya menjadi lebih rilex dan bersyukur sudah sampai di titik ini.

Tapi, meski dirumah pun saya punya targetlah mau ngapain aja. Misalnya harus olahraga tiap pagi, Makin sering ngaji, nulis, dll. Bahkan terbersit keinginan buat lanjutin kuliah lagi, sesuatu yang males banget dipikirin saat saya masih kerja dulu. Kuliah apa? dimana? mungkin akan saya share nanti ya gaes.

Punya kesibukan apa dirumah?
Kesibukan utama adalah ngurus paksu. *LOL* Padahal paksu itu bukan bayi dan sejauh ini dia sangat mandiri kok dalam beberapa hal gak yang harus diladenin segala urusannya.
Jadi kesibukan saya ya mengerjakan apa yang saya sukai dan apa yang membuat saya happy. Seperti tujuan awal saya resign ya karena saya harus rilex demi jiwa yang lebih bahagia sehingga tubuh bisa lebih sehat dan siap menjalani program kehamilan. 

Saya menulis, merajut, menjahit dan Belakangan mulai rajin di dapur juga. Dengan skill memasak yang masih itu - itu saja. Tapi minimal jadi ngurangin jajan dan makan diluar. ini ngaruh banget sih sama besarnya pengeluaran. Maklum jiwa emak - emak Ibu Bangsanya sudah terbentuk. 

Bangun pagi, setelah subuh biasanya masih ada waktu beberapa menit untuk rilex. Gak ngapa2in cuma merenung aja. Baru setelah itu siapin sarapan.


Sambil bikin infuse water pakai lemon atau perasan jeruk nipis. Baru setelah itu aku jogging sebentar, karena males ganti baju apalagi mandi biasanya masih pakai baju tidur joggingnya. Cuma muterin ruang tamu aja sampai 30 menit, memang kurang asik ya tapi cukup solutif daripada gak gerak sama sekali. Abis gimana dong saya males banget keluar rumah akhir - akhir ini, ya ampun ini parah sih.

Untuk masalah olahraga sebenernya saya sudah pernah bikin list keinginan yang belum tercapai yaitu alat treadmill atau sepeda statis. Judulnya, Daftar barang yang belum terbeli. Tapi entah kapan ya karena sementara ini masih PR beresin cashflow yang masih berantakan. Bukan karena saya masih jetleg pasca resign saat sebelumnya masih bisa jor - joran pakai uang gaji sendiri terus sekarang jadi super ngirit. Tapi karena memang ada beberapa pengeluaran dadakan yang tidak bisa ditunda. Dan lagi kalaupun harus ngirit ya wajarlah ya demi kemandirian financial dimasa depan. Kan, ngirit pangkal kaya. *hahaha alibinya orang boke*

Gak kepikiran bisnis apa gitu?
Kepikiran sudah pasti, secara saya hobi banget mikir *LOL*. Calm down gaes, sabar dulu, ya. Seperti yang sudah saya sampaikan diatas saya tetep berkarya kok meski belum menghasilkan uang sebanyak saat masih ngantor dulu. Bisa dibilang saya gak nganggur - nganggur banget kok. Macam ngerajut yang alhamdulillah masih banyak peminat dan selalu sold. Buka Instagram Delima Merah Gallery deh, sengaja bikin akun tersendiri biar gak kecampur dengan postingan random yang lain. Follow, trus order biar saya nambah kesibukan, hehehehe.

Udah Isi Belum? 
Isi apa nih gaes? kalo isi lemak yang bertebaran, iya udah mulai ngisi nih beberapa kilo. Kalo yang dimaksud adalah tentang kehamilan, mohon doa aja ya karena sampai saat ini belum hamil. Pilihan hidup saya untuk keluar dari pekerjaan dan fokus dirumah hanyalah salah satu ikhtiar setelah beberapa kali promil ke dokter belum juga berhasil. Ya namanya juga usaha, kita gak akan tahu hasilnya kalau gak nyoba kan?.


Brownis kukus

Martabak telur yang kulit lumpianya di sponsori mamah mertua


Tapi semua itu tetaplah hak mutlak Allah SWT, untuk mengabulkan doa dan ikhtiar yang saya jalani ini atau masih harus ditunda entah sampai kapan. Dan InsyaAllah saya tidak akan menyesal memilih jalan ini. 

Tetap semangat dan berbaik sangka selalu kepada Allah SWT.

Salam,

pertiwi utomo
3 comments on "Tiga Bulan Pertama Menjadi IRT"
  1. Duh sama banget mbak ^^ saya udah kenyang ditanya:
    gak bosen apa dirumah mulu
    enak ya dirumah terus bisa ngapa-ngapain sesuka hati
    ngapain aja sih dirumah tuh
    Padahal dengan jadi IRT malah jadi lebih super syibuuukk ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, pekerjaan yang gak ada habisnya dan gak keliatan pula. Kadang lebih melelahkan dibanding waktu masih kerja dulu tapi bahagia sih hehe. Semoga bernilai ibadah ya mba..

      Delete
  2. numpang promote ya min :)
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya :F

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9