Lifestyle, Hobi, and Story

Pelayanan Angiografi Untuk Penyakit Jantung, Stroke, dan Pembuluh Darah di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur

Saturday, September 7, 2019


Kesehatan adalah sebuah karunia dari Allah SWT yang terkadang lupa kita syukuri. Kita sibuk mengejar banyak hal hingga terkadang lupa menjaga kesehatan diri sendiri. Padahal saat kesehatan itu telah hilang, maka sebanyak apapun harta yang kita miliki atau selezat apapun makanan yang tersedia takkan terasa nikmat lagi.

Konon katanya sehat itu mahal, tapi sadarkah kita bahwa saat kita sakit tentu biaya yang dikeluarkan untuk sembuh itu amat sangat mahal?. Apalagi jika sudah berkaitan dengan penyakit berat seperti Jantung, stroke dan pembuluh darah. Jadi marilah kita semua senantiasa menjaga kesehatan sebagai wujud rasa syukur pada Allah SWT yang telah memberikan kita kehidupan.

Sesuai dengan apa yang tertulis dalam judul arikel ini, saya akan berbagi informasi penting yang saya peroleh saya saat mengikuti health talk di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur pada tanggal 24 Agustus 2019. Dengan tema “Angiografi : Diagnostik & Terapi”. Untuk menjawab rasa penasaran kami RS Mitra Keluarga Bekasi Timur menyuguhkan tiga dokter sekaliagus yaitu dr. Faris Bassalamah,Sp.JP(K),FIHA,FAPSIC,FAsCC sebagai dokter spesialis jantung, dr. Fritz Sumantri Usman,SpS,FINS,FINA sebagai dokter spesialis saraf, dan dr. Danny Pratama,Sp.B(K)V  sebagai dokter spesialis bedah vaskuler.


Sebagai orang awam pembahasan seperti ini rasanya kok berat ya, iya beratnya sudah melebihi rindunya si Dilan. Tapi karena rasa penasaran yang tinggi sayapun rela melangkahkan kaki (dan naik bus juga sih maksudnya, kalau jalan kaki kapan sampenya gais) dari karawang ke Bekasi. 

Terkadang kita cenderung bersikap bodo amat kalau sudah berurusan dengan yang namanya pola hidup sehat. Makan sembarangan, merokok, malas olahraga, malas juga mencari tahu, pun sekalinya dinasehati malah ngeyel, terus pengennya sehat terus, bahagia terus, dan tajir melintir. (ini sih saya lagi ngomong depan cermin, ya kadang saya pun masih suka ngeyel).

"Si dia gaya hidup sehat pun akhirnya mati juga,"


Gemas gak sih? kalo ada orang bicara seperti itu. Memang benar yang namanya jodoh, rezeki, dan maut sudah ditakdirkan. Tugas manusia hanyalah berusaha hidup sebaik - baiknya. Bukannya lantas hidup seenaknya saja dan mendzolimi anggota badan dengan segala pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.


Salah satu peserta melakukan pengecekan gula darah gratis sebelum acara dimulai


Setelah diberi jeda waktu untuk ISHOMA, acara pun dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Diawali dengan pembacaan petunjuk keselamatan gedung, sambutan dari perwakilan manajemen dan profil RS Mitra Keluarga Bekasi Timur acara intipun dimulai.

dr. Danny, dr.Fritz, dan dr,Faris, sebagai pembicara serta  dr..Rachel sebagai moderator


Tentang Stroke oleh dr. Fritz Sumantri Usman,SpS,FINS,FINA

Stroke yang sering disebut juga dengan the silent killer merupakan penyakit berbahaya penyebab kematian dan kecacatan tertinggi di Indonesia setelah penyakit TBC (Tuberculosis). Jika dulu sebagian besar penderita stroke adalah orang – orang yang sudah berusia lanjut akan tetapi sekarang banyak pula di derita oleh kaum muda bahkan ada pula anak – anak. Tentu hal ini tidak terlepas dari gaya hidup dan pola makan yang buruk. (jadi, waspadalah!)

Faktor resiko stroke antara lain, usia, jenis kelamin, genetik, gaya hidup/pola makan, penyakit jantung coroner, diabetes militus, hipertensi, gagal jantung. Konon katanya menurut data statistik kebanyakan penderita stroke adalah laki - laki. Ehm, mungkin karena stress diomelin istri setiap hari ya gais, hehe kidding ya.

Penyakit stroke dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:
  1. Stroke Iskemik, yaitu stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri
  2. Stroke Hemoragik yaitu stroke yang disebakan oleh pecahnya pembuluh darah.
Melaksanakan prosedur neurointervencion dengan Celebral DSA (Digital Subtraction Angiography) merupakan tindakan paling tepat selain CT Scan (computed tomography scan) dan MRI Scan (Magnetic resonance imaging scan) untuk tujuan diagnostik. Karena dengan melakukan Celebral DSA tak hanya sebagai sarana diagnostik tapi sekaligus sebagai sarana therapeutic / terapi. Dengan diagnosis yang tepat maka tindakan terapi yang dilakukan juga akan lebih akurat dan tepat sasaran.

Therapeutic Procedures pada pasien stroke:
  • Trombolysis & Trombectomy, yang harus dilakukan pada secepat mungkin yaitu kurang dari 4,5 jam setelah terjadi serangan pada pasien atau biasa disebut dengan golden hour. Semakin cepat penanganan maka tingkat kesembuhan juga akan semakin besar. So, jangan tunda dengan berbagai alasan yang nantinya justru membahayakan pasien. 
  • Carotid/vertebral/ intracranial Abgioplasty and stent.
  • Arterial – venous malformation.
  • Coiling of aneurysm.
  • Tumour Embolization.
  • Carotid cavernosus fistula.

Penyakit Jantung, oleh dr. Faris Bassalamah,Sp.JP(K)

Jantung  merupakan organ dalam yang letaknya di tengah rongga dada sedikit kekiri. Fungsi utamanya adalah memompa darah yang kaya oksigen / zat makanan ke seluruh tubuh dan mengatur sirkulasi.

Penyakit jantung yaitu gangguan / penyakit yang mempengaruhi proses pemompaan darah & proses lain di jantung. Seperti, penyakit jantung coroner, penyakit jantung aritmia, penyakit katup jantung, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung kongesif (penyakit jantung hipertensi, penyakit jantung coroner kongestif, Penyakit Cardiomyopathy), dan penyakit Jantung Pericardium.

Tindakan diagnostic dapat dilakukan melalui:
  • Kateterisasi/catheterization : suatu  tindakan diagnostic minimal invasive berupa memasukkan tube kateter ke dalam arteri/vena kemudian didorong secara antegrade/retrograde dengan panduan flouroskopi menuju jantung.
  • Penyadapan Jantung kanan, antegrade melalui vena, pada kasus penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, emboli paru
  • Penyadapan jantung Kiri,retrograde melalui arteri, pada kasus penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, dan jantung coroner.

Terapi Intervensi Non Bedah
  • Kateterisasi dengan menggunakan kateter jantung untuk pemasangan ring pada kasus penyumbatan pembuluh darah di jantung.
  • Implantasi pacu jantung.
  • Implantasi kejut jantung.
  • Implantasi alat resinkronisasi jantung pada kasus penyakit jantung kongestif

Tentang Bedah Vaskuler, oleh dr. Danny Pratama,Sp.B(K)V

Definition of Vascular surgery: Is a specially that deals with the diagnosis and management of disorders of the arterial, venous and lymphatic system, exclusive of intracardiac and intracranial vessels.
Vascular surgeon: Is a vascular specialist who performs traditional open surgery and endovascularintervention and is competent to treat vascular disease with non interventional and non surgical  means. Capable to handle patient from diagnostic untul treatmentCompetency in surgery : Able to overcome the complications
Kasus – kasus bedah vascular:
  • Diabetic foot + peripheral artery disease
  • Varises
  • Acces for chemotherapy and nutrition
  • Acute limb ischemia
  • Abdominal aorta aneurysm
  • Deep vein thrombosis
  • Acces for hemodialysis “Vascular Acces your lifeline to hemodialysis"
Sampai sini apakah sudah mulai bingung? haha.. saya pun bingung tentang apa itu bedah vaskuler. Jadi menurut keterangan dr. Danny, prosedur bedah vaskuler sering dilakukan pada pasien yang terkena varises, dan luka pada pasien diabetes, akses untuk kemoterapi pada penderita kanker, juga akses himodialysis atau cuci darah pada penderita gagal ginjal. 

Bahkan karena saking seringnya menangani kasus bedah pada penyakit varises, dr. Danny sampai disebut dokter varises, haha.. Sabar ya Dok.



Wagelaseh, ini materi udah kaya lagi lari estafet, cepat, padat dan tanpa jeda. MasyaAllah, saya sampai bingung pada awalnya mau mulai nulis darimana. Tapi dari penjelasan yang diberikan oleh ke-tiga dokter specialis tadi dapat ditarik benang merah bahwa penyakit - penyakit di atas merujuk pada kelainan pembuluh darah. Karena darah merupakan bagian paling penting dalam tubuh, sebab membawa nutrisi ke sel – sel berbeda. Yang normalnya ya harus bebas hambatan macam jalan toll tanpa macet, supaya kinerja anggota tubuh bisa optimal.

Bagian dalam sistem peredaran darah antara lain, arteri, vena dan pembuluh darah kapiler.  Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lain dengan karakteristik berdinding tebal & berotot supaya tahan terhadap tekanan tinggi. Sedangkan vena adalah pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung dengan karateristik dinding yang tipis dan tidak berlapis otot. Di antara arteri dan vena, terdapat kapiler yang mengantarkan darah ke bagian tubuh lainnya seperti otak, paru – paru, hati, limfa, dsb.

Dan untuk mendiagnosis maupun terapi penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah ataupun sistem peredaran darah diperlukan intervensi dengan menggunakan metode angiografi.

Apakah yang dimaksud dengan Angiografi?

Angiografi adalah prosedur pemeriksaan pembuluh darah menggunakan zat kontras khusus dan memanfaatkan Rontgen. Hasil angiografi akan disebut normal apabila aliran darah berjalan normal dan tidak ada penyumbatan.
Angiografi diperlukan lakukan untuk memerikasa beberapa hal berikut :
  • Pendeteksi ada tidaknya gangguan pada pembuluh darah, seperti sobekan yang memengaruhi aliran darah, 
  • Mengevaluasi alirah darah jantung,terutama pada kondisi gagal jantung, dan nyeri dada yang tidak spesifik
  • Mencari tahu sumber pendarahan pada tubuh 
  • Mengetahui seberapa buruk ateroklerosis dala pembuluh darah jantung
  • Mempersiapkan operasi pembuluh darah pada kaki, dengan bedah vaskuler.
  • Memeriksakan kondisi tertentu seperti angina, penyumbatan pembuluh darah, ataupun emboli paru.
  • Mencermati jumlah, kondisi, dan lokasi arteri ginjal sebelum diadakan transplantasi ginjal.
  • Mendeteksi pola aliran darah pada tumor dan melihat berapa tumor yang tersebar dalam tubuh.
RS. Mitra Keluarga merupakan salah satu rumah sakit swasta terbesar di Indonesia yang cabangnya sudah tersebar di beberapa kota. Salah satunya adalah RS. Mitra Keluarga Bekasi Timur , berlokasi di Jl. Pengasinan - Rawa Semut, Margahayu, Bekasi Timur 17113, sekalian saya kasih Link Google Maps : https://goo.gl/maps/2PvdBxuDYWvaJLVw7 biar gak nyasar, haha.

RS Mitra Keluarga Bekasi Timur berkomitmen memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan jantung dengan menyediakan Pusat Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah Terpadu di Bekasi, yang terdiri dari Elektrokardiogram (ECG/EKG), Treadmill test, Laboratorium kateterisasi, Pacemaker, Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), UGD, Medical Check up, serta Rehabilitasi Medik. Didukung pula oleh para ahli medis, para medis, dan staff non medis yang profesional, berdedikasi tinggi serta ditunjang dengan peralatan kesehatan yang modern dan canggih.
Fasilitas Medis Lainnya
Ambulans
Apotek
Bank Darah
Fisioterapi
Hemodialisa
UGD
ICU
NICU
PICU
Radiologi
Rawat Inap
Ruang Bersalin
Ruang Isolasi
Ruang Operasi
Laboratorium
MRI
CT Scan
Fasilitas Umum
Bakery
Bank/ATM
Cafe/Resto/Kantin
Lift
Musholla/Masjid
Ruang Menyusui
Parkir mobil/motor
Parkir Gratis
Tempat Bermain Anak
Ruang Jenazah
Wifi
Fotocopy



Sebagai jawaban tantangan di era digital, RS.Mitra Keluarga Bekasi Timur juga kini membuka pelayanan untuk reservasi dokter spesialis via whatsapps. Ini lumayan membantu sih menurut saya, jadi hemat waktu dan juga pulsa. 

Hospital Tour Ke  Ruang Kateterisasi 

Saat mulai melintasi lorong - lorong rumah sakit jadi teringat dulu sering banget jenguk teman kantor yang anfal karena serangan jantung. Dan ketika ruang kateterisasi sudah di depan mata saya pun langsung keingetan dengan beliau. Entah sudah berapa ring terpasang di pembuluh darah jantungnya. Tapi beliau tetap semangat untuk sembuh. Alhamdulillah saat ini kondisi beliau baik dan bisa beraktifitas normal setiap hari dengan tetap jaga kondisi dan pola makan tentunya.

Ruangan yang penuh dengan monitor dan berbagai peralatan canggih ini biasanya di handle oleh 4 orang. Seorang dokter spesialis, seorang perawat untuk mendampingi dan membantu dokter, seorang lagi standby dengan monitor dan alat. Dan satu orang terakhir untuk mobilisasi segala keperluan alat dan lainnya. Kebayang suasana menegangkan saat ada pasien terbaring di sana. Penuh kecemasan dan kepasrahan.

Dan menurut keterangan Ibu Tuti sebagai staff perawat di ruang kateterisasi jantung, ereka selalu siaga 24 jam 7 hari seminggu dalam menangani kondisi pasien gawat darurat dalam kasus serangan jantung maupun stroke. sungguh bukan sebuah komitmen yang mudah.



Para blogger sedang mendengarkan penjelasan tentang proses kateterisasi. (pict by RS.Mitra Keluarga Bekasi Timur
Laboratorium Kateterisasi merupakan unit yang memberikan pelayanan terhadap pemeriksaan diagnostik (menentukan diagnosa) secara invasif pada kelainan jantung dan pembuluh darah. Dikatakan invasif oleh karena prosedur yang dilakukan untuk memerikasa jantung dengan memasukkan selang/kateter kecil melalui pembuluh darah.
Tindakan diagnostik invasif yang dapat dilakukan anara lain : Penyadapan jantung kanan dan kiri, angiografi valvuler, Angiografi Kongenital, Koronarografi, Arteriografi, venografi, Elektrofisiologi, ventrikulografi, dengan zat kontras dan flebografi.

Contoh ring

Berbagai kasus kelainan jantung dan pembuluh darah juga dapat diatasi tanpa memerlukan tindakan operasi . Tindakan ini dikenal dengan istilah intervensi non bedah antara lain : BMV(Baloon Mitral valvuloplasty) Transeptal, Primary Parcutaneus Transluminal Coronary angioplasty(Primary PTCA), Angioplasty Koroner (PTCA), Pulmonal Valvuloplasty, Ablasi, Temporary pacemaker, Permanent Pacemaker, CRT dan ICD.

Implantasi Pacemaker/ Pacu Jantung
Pacemaker adalah suatu alat medis yang ditanam didalam tubuh yang menggunakan impuls listrik yang dihantarkan oleh suatu elektroda untuk membuat jantung berkontraksi sehingga denyut jantung menjadi regular. 
Ada dus macam pacemaker/pacu jantung yang di perlihatkan pada kami, yaitu :
  • Temporary Pacemaker
  • Permanent Pacemaker
Pacemaker permanent yang di implan ke dalam tubuh pasien berahan kurang lebih 10 tahun


tujuan dari pemasangan pacemaker ini adalah membuat frekuensi denyut jantung menjadi normal, entah yang disebabkan jantung yang terlalu lambat maupun terjadi blok pada sistem hantaran irama jantung.



pemenang permainan kahoot sebelum acara usai. photo by mitrakeluarga bekasi timur

Yang harus kita semua pahami adalah segala macam teknologi canggih baik yang berupa alat, obat maupun teknik pengobatan merupakan sarana ikhtiar kita dan ilmu dari dokter hebat juga hanyalah kepanjangan tangan dari Allah yang maha penyembuh. Utamanya kita harus tetap berdoa meminta kesembuhan dan kesehatan kepada yang maha kuasa.

Saya berterima kasih pada RS mitra keluarga bekasi timur yang sudah menyelenggarakan acara keren seperti ini. saya juga memohon maaf apabila dari apa yang saya tulis sangat jauh dari sempurna. tentu saja karena keterbatasan ilmu saya. dan dengan senang hati apabila ada pembaca yang mungkin akan memberikan koreksi silakan coret coret kolom komentar atau  contact saya langsung melalui email atau media social pribadi saya yang tertera di bio.

Salam,

pertiwiutomo
4 comments on "Pelayanan Angiografi Untuk Penyakit Jantung, Stroke, dan Pembuluh Darah di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur"
  1. numpang promote ya min :)
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya :F

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9