Lifestyle, Hobi, and Story

Serunya Menjadi Bagian Dari Hiip Academy #1

Monday, August 19, 2019
Hai.. Hai.. Assalamu'alaikum..

Apapun yang kalian rasakan hari ini, jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur ya gais. InsyaAllah nikmat kita akan bertambah dan terus bertambah. Aamiin. Sekedar info ya gais, tulisan ini akan panjang tapi dijamin bermanfaat kok, hahay.

Di era yang serba digital ini, memunculkan beragam profesi yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan atau bahkan tidak kita cita - citakan, misalnya influencer, youtuber, editor video, dan lainnya. Menjadi content creator mengharuskan kita untuk terus mengupgrade pengetahuan, skill juga informasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Masih belum hilang dari ingatan serunya menjadi bagian dari Hiip Academy #1 minggu lalu dalam acara 01 Days Workshop Hiip Academy Tepatnya satu hari sebelum hari raya Iedul Adha tahun ini, yaitu hari sabtu tanggal 10 Agustus 2019. Sempet galau karena sebenernya suami ngajakin mudik. Tapi gimana dong udah terlanjur daftar dan penasaran banget ikut karena temanya seru, yaitu "HOW TO BUILD YOUR BLOG PROFESIONALLY". Kan saya juga ingin jadi blogger profesional gais. Alhamdulillah, paksu support tanpa banyak negosiasi, love banget deh sama doi.


hiip academy 01
photo by hiip academy


Bagi saya yang tidak berdomisili di Jakarta, bisa mengikuti event dimana saya bisa belajar dan bertemu dengan sesama blogger menjadi moment yang membahagiakan. Pagi itu setelah melewati puluhan kilometer dari arah Karawang menuju DKI jakarta akhirnya saya sampai juga di gedung CoHive 101 Kawasan Mega Kuningan di jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.01,Jaksel.

Beruntung karena lalu lintas hari ini cukup lancar sehingga tidak perlu mengalami drama kemacetan yang menyita waktu dan energi. Setelah bertanya pada Bapak Security gedung yang menyapa dengan ramahnya saya-pun sampai di lokasi acara dengan tepat waktu. Disambut dengan mba Putri di pintu untuk registrasi.


hiip academy 01
Registrsi ulang (photo by hiip academy)


Ruangan sudah separuh terisi saat itu, saya memilih duduk di barisan ketiga dari depan. Dan mulai berkenalan dengan  beberapa teman blogger lain. Sekitar pukul 10.00 WIB acarapun dibuka oleh mba Almazia sebagai perwakilan dari Hiip Indonesia.

Hiip Indonesia itu apa?


hiip academy 01
Mba Almazia sebagai perwakilan dari Hiip Indonesia (photo by hiip academy)


Jadi, Hiip Indonesia merupakan wajah baru dari BP Network kepunyaan Blogger Perempuan Network yang telah menjadi bagian dari PT Hiip Asia. PT Hiip Asia sendiri merupakan platform influencer marketing terkemuka yang ada di Asia Tenggara. Platform inilah yang akan menjembatani para agency maupun pihak lain yang ingin menggunakan jasa para influencer. Hal ini cukup menguntungkan untuk kedua belah pihak, karena dengan adanya platform seperti ini maka influencer tak perlu lagi susah payah mencari job dari agency. Cukup dengan terus memperbaiki insight blog maupun media sosial yang dimilikinya. Dengan cara terus membuat konten yang menarik. Maka secara otomatis besar kemungkinan akan dilirik oleh para agency. Keuntungan untuk agency atau brand tentu saja bisa mendapatkan jasa influencer profesional sesuai target yang diinginkan.

Sedangkan HIPP ACADEMY tidak lain merupakan bentuk komitmen dari Hiip Indonesia dalam mewujudkan visi misinya. HIIP ACADEMY merupakan program yang dibentuk sebagai sarana edukasi bagi para blogger maupun content creator untuk mengupgrade skill dan ilmu, yang kedepannya akan terus diselenggarakan secara berkelanjutan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena semakin kita belajar maka kita akan semakin butuh dengan ilmu pengetahuan. Demikianlah saya adanya disini dalam keseruan Hiip Academy #1.


Sesi pertama: Oleh Ariev Rahman, "How to Create an Engaging Blog"


hiip academy 01
Ariev Rahman, seorang travel blogger yang menjadi pembicara pertama (photo by hiip academy)

Setelah sedikit tercerahkan tentang Hiip Indonesia dari mba Almazia, tiba saaatnya sesi pertama oleh mas Ariev Rahman, author daro backpackstory.com yang telah malang melintang menjadi Travel Blogger sejak tahun 2012. Amazing sekali dengan cerita dan pengalaman mas Ariev. Mengajarkan kita untuk selalu totalitas dalam setiap karya. Jangan setengah - setengah saat memutuskan untuk maju.

Beberapa orang beranggapan bahwa:

  • Tidak butuh waktu lama untuk menjadi travel blogger.
  • Travel  Blogger adalah pekerjaan mudah dan menyenangkan.
  • Menjadi seorang travel blogger adalah pekerjaan yang enak, karena sering traveling gratis.
  • Travel Bogger pasti duitnya banyak.
  • Semua orang bisa menjadi travel blogger.
Menurut mas Ariev anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah, pun tidak seratus persen benar juga. Kareana seorang travel blogger adalah seorang travel blogger adalah merupakan kombinas dari seorang traveller, writer, blogger, editor, bahkan photografer dalam satu waktu. Butuh effort untuk melakukan itu semua. Dan lagi semua itu berproses tidak serta merta datang begitu saja. Apakah mau terus berusaha  atau menyerah itu kembali kepada pribadi masing - masing.

4 langkah membuat konten pada travel blog ala Backpackerstory.com yaitu:
  1. Travel what else
  2. Find the Idea
  3. Select some good photo
  4. write then develop
Yang tak kalah penting ujar mas Ariev adalah Konten dan Konsisten alias 2KON,yaitu Konten dan Konsisten. Seperti kita ketahui bersama bahwa Content is a king. Buatlah konten semenarik mungkin yang setidaknya bisa memenuhi keinginan pembaca. Konten yang informatif biasanya banyak diminati namun jika tidak informatif kita bisa juga membuat konten yang menghibur. Tapi semua itu takkan berhasil dengan maksimal apabila tidak dilakukan secara konsisten.


Kita tidak pernah tahu kemana tulisan akan membawa kita. -Ariev Rahman

Sesi kedua : Oleh Sitta Karina, "Cara Profesional Monetisasi Blog"

Selepas break untuk ISOMA, kamipun bersiap mendengarkan dengan seksama apa yang akan disampaikan oleh mba Sitta Karina, seorang penulis cerita juga blogger profesional yang bekerja sama dengan banyak brand, tentang cara profesional untuk Monetisasi Blog.



hiip academy 01
Sitta Karina, seorang blogger dan penulis buku berbagi pengalaman monetisasi blog (photo by hiip academy)


Menurut mba Sita, sebelum kita memonetisasi blog alangkah baiknya untuk memastikan lagi bahwa blog milik kita sudah berkualitas. menurut mba Sita, blog yang berkualitas setidaknya memenuhi beberapa syarat berikut :
  1. Identifikasi sasaran pembaca, dengan cara melihat demografi pada google analityc
  2. Kategori (Niche) Blog jelas.
  3. Konten yang menarik dan bermanfaat
  4. Navigasi blog efektif
  5. Desain Mobile responsive
  6. Tata letak nyaman untuk dibaca
  7. Konten rajin diperbaharui
  8. Sentuhan personal dari penulis.
Apakah blog kita sudah memenuhi syarat - syarat seperti di atas? jika belum mari segera perbaiki lagi. Memantaskan diri supaya kita bisa meluncur ke persiapan monetisasi blog. Ragam minetisasi blog yang bisa kita pilih antara lain, sponsored post, banner Ads, rogram afiliasi,jaringan iklan, menjual produk dan jasa milik pribadi penulis. Waw, menarik sekali ya gais,

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk monetisasi blog?
  1. Memiliki Blog pribadi
  2. Blog terdapat di google search console
  3. Kuasai Story telling
  4. Rajin Ngeblog
  5. Jadikan Blog sebuah komunitas interaksi
  6. Rajin bermedia sosial
  7. konsisten pada kategori blog
  8. Trafik terus tumbuh
Hal paling umum terjadi bagi blogger pemula yang mungkin jam terbangnya belum lama serta belum banyak menerima job dari agency ataupun brand adalah kesulitan menentukan Rate Card. Hal ini pernah saya alami saat tiba - tiba menerima email dari agency yang menawarkan kerja sama dan menanyakan rate card kepada saya. Alih - alih fast respon, saya justru kebingungan harus menjawab apa.

Secara singkat rate card merupakan kata lain dari daftar harga dan portofolio yang dimiliki oleh seorang blogger. Pada kesempatan kali ini mba Sita juga kasih bocoran komponen penting saat membuat rate card. yaitu:
  1. Rincian Pekerjaan & Daftar harga
  2. Profil Blogger
  3. Informasi singkat seputar blog dan akun media sosial
  4. Portofolio pekerjaan
Dalam membuat rate card memang belum ada standartnya kecuali kita bisa menghitung sendiri berapa harga yang pantas kita dapatkan sesuai dengan effort yang harus kita keluarkan untuk membuat suatu konten.
Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat menentukan rate card, yaitu:
  • Bersifat subjektif
  • Ukur tingkat kesulitan
  • Perhatikan durasi pekerjaan
  • Kekuatan personal branding
  • Hitung ongkos produksi dan biaya pendukung kelancaran kerja
  • Gunakan patokan per 1000 views
  • Sertakan pajak
  • Pertimbangkan added value untuk klien
  • Prinsip win - win solution
Lebih lanjut mba sita menuturkan pentingnya manajemen media sosial, karena merupakan salah satu sumber traffic blog yang signifikan. Dengan rajin share artikel di media sosial maka kemungkinan meningkatkanya traffic blog lebih tinggi dibandingkan bila tidak pernah sharing di media sosial. Bisa jadi kita juga akan medapat pembaca setia dari follower media sosial. 

Rajin update konten positif, bangun percakapan dengan followers, dan menghindari konflik yang gak jelas menjadi cara yang tepat untuk mengelola media sosial. Ditambah lagi dengan mencantumkan bio singkat yang informatif dan menarik mungkin akan bisa lebih menarik.
Blogging Bukanlah Pekerjaan yang Instan. Terulah menulis. -Sitta Karina-
Luar biasa padat materi yang yang disampaikan, hingga saya yang awalnya sempat ngantuk karena kekenyangan jadi segar bugar penuh konsentrasi.  Saya rasa setiap yang hadir disana juga demikian terlihat dari bagimana antusiasnya mereka bertanya disetiap sesi.

Tak lupa Hiip Indonesa mengumumkan beberapa orang pemenang untuk kategori share media sosial saat berlangsungnya acara. Saya ikutan juga sih sebenernya tapi belum menang, haha. Padahal hadiahnya lumayan lho buat tambahan belanja. Selamat ya buat para pemenang.

hiip academy 01
Para pemenang lomba share acara di media social (photo by hiip academy)


Persiapan yang matang adalah bagian penting dari sebuah perjuangan. Jadi mari kita bersiap untuk maju dan terus menjadi lebih baik dari hari kemarin. Terima kasih Hiip Academy #1 untuk segala keseruan dan ilmunya. Semoga saya bisa ikut lagi pada kesempatan berikutnya.

Wassalam,

pertiwiutomo











Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9