Lifestyle, Hobi, and Story

Weekend Produktif dalam Workshop Blogging : Hobi dan Profesi

Wednesday, July 19, 2017
wefie saat materi

Kapan hari pernah minta seseorang untuk mengunjungi blog saya ini, komentnya aduh bikin malu, 

"Posting terakhir tanggal sekian, awas lho nanti blognya banyak sarang laba-laba"

Walahhhhh dikira rumah kosong kali ya, sekalian aja mba jadi tempat arisan para lelembut. *LOL*

Alhasil mulailah cari - cari komunitas menulis,  juga komunitas para blogger demi menambah ilmu dan wawasan dalam dunia per-blogginga.

Dan disinilah saya, diantara para blogger keren yang menginspirasi, Dalam Workshop "Blogging : Hobi dan Profesi" yang di selenggarakan pada hari minggu 16 Juli 2017 ,pukul 09.00 s.d 14.00 WIB di Gedung Republika, Jl. Warung Buncit Raya No.37 Jaksel

Yang di prakarsai oleh Repzone, Komunitas ISB, di sponsori oleh @i_shopedhere dan mendapat support langsung dari Republika

Pengalaman perjalanan menuju lokasi workshop insyaAllah akan saya share di bagian tersendiri yaa.. 😁😁

Workshop ini diisi oleh mba Ani Berta sebagai pembicaranya membuat saya membuka mata betapa banyak peluang dan kesempatan yang bisa kita dapatkan ketika menjadi seorang blogger profesional, pada kesempatan ini mba Ani Berta juga tidak segan- segan untuk berbagi tips kepada kami sebagai blogger pemula yang masih maju mundur cantik mood menulisnya. 

Acara yang di gelar secara lesehan ini, belangsung serius tapi santai dan penuh energi. Selama berlangsungnya acara tiap peserta terlihat semangat dan antusias, baik saat sesi materi, tanya jawab, bahkan ada beberapa yang bersedia sharing pengalaman selama menjadi blogger.

Pada penasaran kan, materi apa saja yang di sampaikan mba Ani Berta?

Pada sesi pertama, sebagai pemanasan mba Ani Berta menjelaskan tentang ilmu dasar yang mestinya dimiliki blogger pemula, mulai dari tatacara pembuatan email, membuat blog, macam2 platform untuk membuat blog antara lain : Blogspot, wordpress, blogdetik, thumblr, dan membuat domain sendiri. Sesi pertama di akhiri dengan tanya jawab dan sharing pengalaman beberapa blogger diantaranya Bapak Dian Kelana yang juga sekaligus penulis Buku juga sambutan dari Bapak Pinred Republika.

Setelah di selingi ISOMA antara pukul 11.30 s.d 12.30 WIB Mbak Ani Berta membuka materi sessi kedua dengan tema yang lebih greget lagi, yaitu Memulai dan menggali peluang dari menulis blog. 
Singkat namun padat dari mulai Tujuan menulis blog, apakah untuk menuangkan ide, jembatan informasi, arsip kehidupan, menciptakan sejarah sendiri, sarana untuk berekspresi secara positif, refreshing maupun healing, memberikan inspirasi bagi pembaca, bahkan membuka peluang untuk mendapat penghasilan. 

Kita seperti sekali dayung dua tiga pulau terlampui, menjalani hobi yang menyenangman sekaligus mendapatkan penghasilan. Ya, karena dengan menjadi blogger kita berpeluang menjadi Copy Writer, Content Writer maupun Book Writer.

Ini bukan tentang iming - iming cara menjadi kaya dengan sulap atau sihir yaa, sama sekali bukan. 

Menjadi Blogger adalah sebuah panggilan jiwa, dimana kita mendedikasikan waktu dan pikiran kita demi menghasilkan tulisan yang berkualitas, berkarakter, bukan hanya sekedar copy paste karya orang lain.

Disitulah diperlukan adanya konsistensi, update blog secara rutin, sering -seringlah menghadiri workshop, talkshow, atau pun event untuk menambah wawasan, membangun networking yang baik, juga perbanyaklah membaca buku.

Pernah mengalami blocking saat menulis dan kehabisan ide?

Sebenarnya ide itu sangat banyak, bertebaran  seperti udara, kita yang harus peka terhadap lingkungan sekitar. Karena selain menulis pengalaman sendiri, kita juga bisa menuliskan pengalaman orang lain, maupun karangan ilmiah, bahkan tulisan fiksi sekalipun.

Terlepas dari semua itu, yang terpenting tetaplah jadi diri sendiri. Niatkan segala sesuatunya sebagai ibadah. Sehingga bisa sabar dan ikhlas menjalaninya tanpa dibebani oleh ekspektasi yang terlalu tinggi.

Akhirnya acarapun ditutup dengan tanya jawab, pemberian hadiah bagi peserta yang beruntung dan photo session.

Sungguh pengalaman yang luar biasa, mendapat sharing dari mba Ani Berta seperti mendapat suntikan energi untuk tetap menulis di blog dan berharap bisa mengikuti jejak mba Ani Berta menjadi Blogger yang sukses.

Ucapan terima kasih kepada Mbak Ani Berta sebagai pengisi acara, atas sharingnya kepada kami, Komunitas ISB, Repzone, dan Republika.

Belum terlambat untuk membenahi diri. Ayo semangat!

Wassalam,

Delima Merah



Photo Sesi di akhir acara

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9