Lifestyle, Hobi, and Story

Perjalanan Menjadi Ibu

Sunday, March 4, 2018
Assalamu'alaikum, 

Setelah hiatus beberapa lama dari sosial media dan menulis. Kurang lebih sebulan ini, meskipun sejatinya aku tidak pernah benar - benar pergi dari dunia kepenulisan dan buku - buku.

Kali ini aku mau share tentang perjalanan aku dan suami dalam menjalani program kehamilan. 

Diusia pernikahan kami yang ke -5, bukanlah waktu yang sebentar bagi kami untuk menunggu kehadiran momongan tapu bukan pula waktu yang lama bagi usia pernikahan kami, yang tentunya berharap selamanya sampai akhir usia.

Pernah putus asa? Tidak! Saya bukan orang yang mudah putus asa. Meski perasaan sedih pasti ada. Tapi kemudian aku sadar, seumur hidup Allah sudah begitu banyak memberiku nikmat, kesehatan, rejeki, keluarga, usia, waktu dan semuanya bahkan aku tak mampu lagi menghitung. 

Apa pantas aku mengeluh? 

Aku malu untuk mengeluh. Karena aku tau apa - apa yang Allah rencanakan adalah sebaik - baiknya rencana. Melebihi batas apa yang mampu di pikirkan oleh manusia.

Tentang Program kehamilan, 
sebenernya aku udah mulai datengin Spog sejak setahun pertama setelah menikah. Tepatnya sekitar bulan juni 2014.

Kok masih inget sih? 

Kebetulan beberapa waktu lalu, aku bersihin kulkas dan kotak obat, nemu deh resep pertama kali ke SpOg.

Jadi waktu itu aku terlambat haid beberapa minggu dan perut berasa begah banget. Saat itu sih perasaannya biasa aja gak terlalu exited gimana banget. 

Karena beberapa bulan pertama pasca pernikahan juga pernah telat haid lebih dari 2 minggu, saat itu antara siap gak siap nerima kenyataan kalo misalnya aku hamil beneran. 

Kok gitu? Entahlah waktu itu aku masih yang bener - bener baru beradaptasi banget sama suami. Dan peran sebagai istri yang cukup menguras waktu dan energi. Bayangkan waktu itu berat badanku malah turun dong dan makin kurus. 

Awalnya ke bidan terdekat, dan bidannya bilang untuk lebih memastikan harus di USG.

Berhubungan newbi banget dalam urusan perhamilan, dan gak ada sama sekali referensi dokter. Akhirnya aku dan suami ke RS. Juwita, secara memang disana yang terdekat dengan tempat tinggal aku yang sekarang.

Lupa nama dokternya, yang jelas saat itu doktenya Bapak - bapak dan aku udah parno, nanti di apain ya? 

Alhamdulillahnya antriannya cepet, cuma 2 atau 3 orang aja. Di ruang praktek dokter tsb, aku dan suami ditanya2 sebentar tentang keluhannya apa, berapa lama menikah dan tibalah saatnya aku naik ke atas tepat tidur prakter untuk di USG perut. 

Ternyata aku belum hamil kok, kata dokternya hanya gangguan hormon aja, jangan stress, toh baru belum lama menikah, di nikmati aja semua prosesnya. Siap Dok!
Setelah itu dokter memberi resep Primolut, dan vitamin becombion.

Sejujurnya obat itu gak aku minum sama sekali. Karena nasehat beberapa teman yang bilang sebaiknya jangan minum obat peluruh haid. Siapa tau kan kalo ternyata hamil. 

Singkat cerita akhirnya aku haid juga meskipun gak minum primolut yang di resepin dokter. 

Ya udah, saat itu sih masih santai aja kan belum hamil ya udah mungkin emang masih harus pacaran dulu, secara kami nikah tanpa proses pacaran. Dan tentu saja kami harus melalui proses adaptasi dalam berbagai hal. 

Selang beberapa bulan saya mengalami gangguan menstruasi lagi, dulu sempet telat haid sekarang malah sebulan bisa 2x. Akhirnya aku atur jadwal lagi kunjungan ke SpOg. Kali ini pilih RS. Bella karena dekat dengan kantor dan kebetulan ada jadwal dokter wanita juga. 

Saat itu dengan dokter W.S Redjeki, daftar dari jam 5 sore baru masuk ruang praktek jam 9 malem, antriannya banyak banget. Disinilah pertama kali ngalamin ngantri berjam-jam  di dokter kandungan. Mana gak dianter suami, untung ada adek yang setia nemenin, bawain makan dll. Inget juga disini aku kehilangan payung. 

Well, kembali ke permasalahan utama ya, jadi pas ke dokter Redjeki ini ditanya keluhannya apa, aku bilang aja jadwal mensku berantakan, sebulan ini 2x dan ditambah, pusing dan mual. Kemudian aku diminta usg trans V. Sempet kaget dan gak nyaman. Kata dokter rilex aja, Oke aku pun berusaha rilex.

Dokter bilang semuanya bagus. Rahimku bagus, tidak ada yang perlu di khawatirkan. Ini hanya gangguan hormonal, stress dan kelelahan. Kemudian dokter memberikan resep Lanturol dan apalagi waktu itu aku lupa. 

Pulang naik angkot sendirian lewat dari jam 10 malam. Masih ada perasaan tidak nyaman pasca usg transV. Gak nyaman banget!

Setelah kunjungan kali ini. Aku menyimpulkan bahwa aku baik - baik saja. Hanya perlu banyak berdoa dan mencoba menjaga pola makan dan mungkin mengurangi aktifitas yang memicu stress yang dapat membuat kacau hormonku. 

Pernah juga aku ngalamin mual - mual yang aku pikir, ya palingan masuk angin aja atau kecapean. Tapi biasanya emang gak separah itu. Sampe muntah dikantor segala. Dirumah gak nafsu makan, badan lemes kepala pusing dan berat.

Perut laper tapi mual dan lidah terasa pahit. Dibeliin nasi padang sama suami, yang biasanya lahap, ini gak mau sama sekali. Anehnya adalah biasanya walaupun aku sakit aku tetep doyan makan lho.. Kok ini gak mau, bahkan di tawarin mi rebus pun sampe pengen muntah nyium bau nya. 

Ada apa denganku?  Entah lah jadwal mens masih beberapa hari lagi. Jadi aku gak mau Ge - er dulu. Karena aku lemes dan dehidrasi parah, yang kebayang di pikiran cuma pengen buah pisang atau jeruk. Pas di beliin pun cuma makan satu aja.

Akhirnya aku bilang ke suami, minta berobat aja karena gak berani minum obat warung. Udah super kliyengan jalan ke kamar mandi aja nyaris jatuh.

Btw sebelum ke dokter suami minta aku tespack waktu itu sekitar jam 4 sore, hasil negatif! Fix deh ini mah meriang aja. Buruan berobat minimal biar doyan makan dan gak pusing.

Akhirnya ke klinik kebidanan terdekat. Dan bidannya gak ada. Cuma ada dua orang perempuan muda yang kemungkinan adalah assistan bidan. Dan aku sedikit meragukan mereka. Tapi ya udahlah, berhubung udah gak karuan ini badan aku pasrah aja.

Setelah menjalankan serangkaian prosedur seperti cek tensi, suhu dll, mereka ngeresepin aku obat pusing, obat mual, dan demam juga. 

Sepulangnya dari klinik itu aku makan buah pisang dan minum obat. Lumayan bisa tidur pules, demamnya turun dan mual juga berkurang. Udahannya aku flek, flek lagi dan akhirnya deres. Anda belum beruntung, Silakan coba lagi! Hahaha.. 

Pelajaran banget untuk jaga kondisi dan sebisa mungkin tidak minum obat apapun. Kalo udah mual atau meriang. Tahan dulu, sugesti positif... Sehat.. Sehat.. aku sehat,  aku siap untuk hamil, melahirkan dan merawat anak - anak dengan baik!


















2 comments on "Perjalanan Menjadi Ibu"
  1. Saya juga pernah ngantri berjam-jam di dokter kandungan, sampai hampir tengah malam malaham. Duh, rasanya tambah stress deh, belum lagi mikirin di dalem nanti bakal diapain sama dokternya. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, tapi harus di bikin enjoy, kalo gak bisa frustasi sendiri belum lagi kalo dokternya ngaret..

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9