Lifestyle, Hobi, and Story

Berbagai Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah

Saturday, July 30, 2016
Awal menikah di sekitar tahun 2013 lalu, saya pribadi belum terpikir untuk segera pindah dari kontrakan yang sampai saat ini masih kami tempati.

Bagaimana tidak, Rencana pernikahan saya dan suami terbilang singkat hanya butuh waktu sekitar 3 (tiga) bulan tanpa proses pacaran. Tentunya dengan budget pas - pasan. Mulai tinggal bareng suami hanya membawa pakaian dan lemari plastik 4 susun yang bergambar doraemon, saya menyebutnya lemari doraemon. Meski dalam kondisi yang serba pas -pasan tapi tidak mengurangi kebahagiaan kami saat itu. 

Ternyata memulai hidup bersama dari Nol, membuat kami lebih kuat, lebih saling memahami dan lebih mandiri.

Satu semester setelah pernikahan saya tidak kunjung hamil, kami tidak menunda tapi juga belum berusaha untuk program hamil. justru kami mulai merencanakan untuk mencari rumah tinggal. setidaknya itu adalah langkah awal kami mempersiapkan diri menjadi orang tua.

Mulai mengalihkan kegiatan weekend-an yang biasanya hunting makanan atau nonton film menjadi keliling cari perumahan.

Banyak orang bilang mencari rumah hampir sama seperti mencari jodoh. terkadang yang menurut orang lain baik belum tentu "Sreg" di hati.kita. beberapa pertimabangan saya dan suami dalam mencari rumah adalah :

  1. 1. Lokasi yang strategis
Tidak terlalu jauh dari tempat kerja jadi prioritas utama kami, tentunya dengan pertimbangan supaya bisa menghemat biaya transportasi, juga pertimbangan waktu. Sangat tidak nyaman tentunya kalo jarak rumah ketempat kerja harus dilalui berjam-jam dalam kemacetan. 
karena saat itu suami kerja di jakarta dan saya kerja di bekasi maka kami mencari rumah di sekitaran bekasi tapi yang tidak terlalu jauh dari jakarta.

  1. 2. Aksesnya mudah
Dekat dengan jalan raya, dan banyak di lalui angkutan umum menjadi pilihan yang tepat. karena saya yang belum bisa mengendarai motor dengan baik. Lagi pula kami hanya memiliki motor yang usianyapun terbilang sudah tidak muda lagi, tentu saja performanya tidak dapat diandalkan secara berlebihan.

  1. 3. Lingkungan
Menjadi salah satu pertimbangan karena, lingkungan yang baik akan baik buat perkembangan anak nantinya. Bagaimana nanti bergaul, memilih teman bermain dan lain sebagainya. tentunya dalam hal ini masih terlalu dini untuk menilai baik buruk lingkungan jika hanya melihat sepintas saja. jadilah prioritas kami dalam hal lingkungan ini terkait kebersihan dan sanitasi. Selokan pembuangan air, pembuangan sampah, lokasi taman, banyak tidaknya tanaman di sekitar, lokasi masjid terdekat, 

  1. 4. Ketersedian Air Bersih
karena ada beberapa wilayah bekasi jam saya masih nge-kost sendirian, airnya yang bau besi, banyak pasir dan lain - lain, Saat itulah saya berpikir tiap kali pindah kontrakan, apalagi kelak punya rumah sendiri ketersedian air jadi sangat penting. "siapa yang bisa hidup tanpa air?" yang jelas bukan saya.

  1. 5. Biaya = Harga
Dari sekian banyak pertimbangan, sesungguhnya pertimbangan harga jadi kunci penentu, Kami memilih rumah yang sesuai dengan budget, supaya nantinya tidak besar pasak daripada tiang.
apalagi saat itu, wara - wiri tanya di setiap perumahan sebenernya kami belum punya dana yang cukup bahkan untuk membayar DP nya.. hufffftt.

Demikianlah pertimbangan kami dalam memilih rumah, yang pastinya kurang lebih sama ya.. dengan orang - orang kebanyakan.

Nanti insyaAllah akan dilanjut lagi ceritanya, tentang perumahan mana aja sih yang udah kami datangi, mau diinget - inget lagi.. udah lumayan lama soalnya.

2 comments on "Berbagai Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah"
  1. Noted bgt nih teh.. Moga tahun depan keluarga kecil saya nyusul bisa beli rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Aamiin.. semoga di segerakan dan dimudahkan ya teh, semoga aku juga segera nyusul punya baby.. Aamiin..

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9