Lifestyle, Hobi, and Story

Zakat Fitrah

Tuesday, May 21, 2019
pict by instagram Blogger Perempuan

Assalamu’alaikum


Sebagai umat mushlim tentunya sudah sangat akrab dengan Zakat, Infak dan sodakoh. Bagaimna tidak, zakat merupakan salah satu dari rukun islam yang ke empat, setelah  syahadat, sholat, dan puasa Ramadhan, kemudian baru dan ibadah haji bagi yang mampu sebagai rukun islam yan kelima.

Bulan ini setelah kita melaksanakan ibadah puasa maka kewajiban kita selanjutnya adalah membayar zakat. Dengan tujuan untuk berbagi pada kaum yang membutuhkan.

Secara bahasa, zakat mengandung arti berkembang, bertambahnya barokah, dan pembersih. Sedangkan secara istilah adalah nama sebuah harta tertentu yang dikeluarkan untuk mensucikan harta atau jiwa, dengan praktek – praktek  dan diberikan terhadap golongan tertentu pula.

Kewajiban berzakat tertuang dalam QS. Al-Baqoroh: 43 yang artinya “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang – orang yang ruku” .
Juga di beberapa surat lainnya dalam Alqur’an, QS. At-Taubat:103,  Qs. surat Albayyinat: 05 serta diperjelas dengan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari Mushlim.

Macam – macam zakat :
1. Zakat Badan atau yang biasa di sebut zakat fitrah
2. Zakat mal
Harta yang wajib di zakatkan ada 5 macam :
  1. Binatang ternak
  2. Perhiasan ( emas dan perak )
  3. Makanan pokok
  4. Buah – buahan(korma dan anggur)
  5. Harta niaga

Saya yakin banyak diantara kita yang sudah paham perkara zakat ini, tapi tidak ada salahnya saya tuliskan disini untuk me –refresh lagi ingatan kita tentang zakat. Yang akan saya bahas lebih lanjut adalah tentang zakat Fitrah. Sedangkan untuk zakat mall mungkin di lain waktu.

Zakat fitrah disyariatkan pada bulan sya’ban tahun ke 02 Hijriyah. Kehadirannya merupakan nilai tambah (hususiyyah) bagi umat Muhammad SAW. Menurut imam Waki’ zakat fitrah memiliki kesamaan fungsi  dengan sujud syahwi sebagai pengganti kekurangan yang terjadi dalam shalat. Sedangkan zakat fitrah sebagai penyempurna kekurangan yang terjadi selama berpuasa. Zakat fitrah ini hukumnya wajib bagi setiap mushlim.

Syarat wajib Zakat fitrah :
1. Islam
2. Merdeka
3. Menemukan bagian akhir bulan Ramadhan dan bagian bagian awal bulan syawal
  • Setiap anak yang terlahir setelah terbenamnya matahari malam idul fitri atau orang – orang yang meninggal sebelum terbenamnya matahari tidak wajib di keluarkan zakat fitrahnya.
  • Setiap anak yang terlahir sebelum terbenamnya matahari atau orang – orang yang meninggal setelah terbenamnya matahari, wajib dikeluarkan zakat fitrahnya.

4. Mempunyai kelebihan harta
Yakni memiliki kelebihan biaya hidup baik untuk dirinya maupun orang – orang yang wajib di nafkahinya pada siang dan malam hari idul fitri. Apabila tidak demikian, maka tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah, meskipun sebenarnya masih memiliki  makanan – makanan yang dipersiapkan untuk hari raya, semisal ikan, makanan ringan dll.

KADAR ZAKAT FITRAH
Setiap mushlim yang telah memenuhi syarat, diharuskan berzakat fitrah untuk dirinya, juga untuk orang – orang yang wajib dinafkahinya yang berstatus mushlim. Sedangkan kadar zakat yang harus dikeluarkan untuk masing – masing  adalah sebanyak satu sho’ makanan pokok daerah tersebut. Yang apabila di konversi menjadi kilogram adalah :
Gandum : 1,862, 18 Kg
Beras : 2,  719,19 Kg

Jadi seperti itu gaes menurut buku fiqh yang saya baca. sedangkan waktu yang paling utama pelaksanaannya yaitu sesaat sebelum shalat idul fitri tapi boleh juga di mulai sejak awal ramadhan hingga sebelum sholat idul fitri. karena setelah sholat idul fitri maka hukumnya makruh sedangkan setelah terbenam matahari maka hukumnya haram.

Yuk siapkan dari sekarang, jangan sampai sibuk belanja baju tapi zakatnya malah lupa!

Wassalam,

Pertiwiutomo


Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9